Muntok (Antara Babel) - Sekitar seribu orang pelajar dari seluruh sekolah yang berlokasi di Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung ikut menyemarakkan pawai ta'aruf dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1436 Hijriyah.

Bertempat di Muntok, Senin, sekitar seribu pelajar berpakaian dan beratribut bercorak Islam dengan penuh semangat menyemarakkan pawai ta'aruf yang digelar rutin di daerah itu menjelang bulan puasa Ramadhan.

Para pelajar perwakilan dari seluruh sekolah negeri dan swasta, mulai dari tingkat sekolah dasar hingga tingkat atas yang berada di Muntok berjalan kaki menyusuri jalan-jalan di pusat Kota Muntok dengan mengumandangkan lagu dan syiar Islam.

Warga setempat, Fandy (35) mengatakan pawai ta'aruf sengaja dilaksanakan di daerah itu sehari sebelum memasuki bulan puasa Ramadhan.

"Tradisi itu merupakan suatu bentuk rasa suka cita ummat muslim menyambut datangnya bulan suci," kata dia.

Menurut dia, pawai itu juga sebagai salah satu bentuk syiar yang wajib dipertahankan dan dikembangkan untuk meningkatkan keimanan warga.

Pawai yang digelar mulai siang hari tersebut mendapatkan sambutan positif dari warga setempat, terbukti dengan menyemutnya penonton di sepanjang jalan yang dilalui rombongan peserta pawai.  


Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015