Muntok (Antara Babel) - Pesanggrahan Menumbing di Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan dilengkapi lokasi berfoto yang diharapkan mampu menambah daya tarik dan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke tempat pengasingan Proklamator RI tersebut.

"Nantinya di salah satu sisi kastil Pesanggrahan Menumbing akan kami tempatkan fasilitas pendukung dengan desain sedemikian rupa yang bisa menunjukkan identitas lokasi tersebut sehingga para wisatawan bisa berfoto sesuka hati di lokasi itu," ujar Kepala Dinas Perhubungan, Pariwisata, Kebudayaan dan Informatika Kabupaten Bangka Barat, Rozali, di Muntok, Selasa.

Ia mengatakan, selama ini di lokasi tersebut belum ada penanda atau rambu yang identik dengan Pesanggrahan Menumbing, sehingga para pengunjung cukup kesulitan untuk mengabadikan diri dalam bentuk foto.

"Kami masih merancang lokasi foto tersebut karena masih ada beberapa alternatif bentuk, misalnya plakat, papan nama dari seng, tulisan dari bahan akrilik atau jenis lainnya, sehingga nantinya pantas ditempatkan di lokasi itu dan menarik," kata dia.

Ia mengatakan, dalam pemasangan sarana tersebut pihaknya juga akan berhati-hati karena lokasi itu merupakan salah satu bangunan yang sudah ditetapkan sebagai cagar budaya.

Menurut dia, proses pemasangan dan pemilihan bahan dan bentuk visual lokasi berfoto tersebut akan disesuaikan dengan bentuk bangunan dan sejarah yang terkandung di dalamnya.

"Kami harapkan nantinya fasilitas itu bisa mendukung karakter bangunan, bukan malah merusak nilai estetikanya sehingga bisa tampil cantik menyatu dengan karakter bangunan tempat pengasingan Proklamator dan para pejuang Kemerdekaan RI yang diasingkan Belanda medio 1948 hingga 1949 tersebut," kata dia.

Ia mengatakan, lokasi yang bisa menunjukkan identitas Pesanggrahan Menumbing tersebut diharapkan bisa dipasang dalam waktu dekat sehingga bisa mendukung kegiatan "International Home Stay Fair" yang akan digelar pada awal September 2015.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015