Universitas Bangka Belitung (UBB) menggelar Merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) atau kuliah diluar kampus yang diikuti 700 mahasiswa dan 100 fasilitator.

"Kami ucapkan Terimakasih kepada semua pihak yang sudah membimbing mahasiswa kami yang kini sudah bisa memamerkan hasil karyanya di MBKM Expo UBB," kata Ketua Panitia MBKM Expo 2021, Deni Pratama, di Pangkalpinang, Sabtu.

Deni mengatakan, sudah lebidari satu tahun Universitas Bangka Belitung menggarap kampus merdeka. Dan hari ini para mahasiswa sudah bisa memamerkan hasil karyanya yang sudah lebih dari empat bulan mereka kembangkan.

"Semua produk yang dipamerkan tidak hanya hasil kerja keras satu dua orang saja, namun hasil kerja keras bersama seluruh civitas akademia UBB, dimana UBB selalu yakin akan unggul membangun peradaban," katanya.

Ada ratusan produk yang dipamerkan mahasiswa UBB di stand MBKM Expo 2021. Selain produk nyata yang dipamerkan, banner hasil penelitian ilmiah juga ditampilkan karena dari banner itulah mereka bercerita tentang riset yang mereka lakukan.
 
Universitas Bangka Belitung (UBB) menggelar Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). (ANTARA/ Elza Elvia)


Selain mahasiswa UBB, para siswa dari SMA, SMK juga turut memamerkan produk hasil karyanya seperti kuliner hasil olahan ikan, kerajinan tangan dan makanan khas daerah di stand MBKM Expo UBB 2021. 

"Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Bapak Ibu Guru SMA SMK yang sudah mengirim siswanya dalam kegiatan MBKM Expo UBB 2021," ujarnya.

Rektor Universitas Bangka Belitung, Ibrahim dalam sambutannya mengatakan, program kampus merdeka merupakan salah satu program dari Menteri Pendidikan RI, Nahdiem Makarim yang diluncurkan pada 2020 lalu. 

Untuk level perguruan tinggi, kampus merdeka diwujudkan dalam 8 bentuk program yakni riset, KKN tematik, kewirausahaan, proyek kemanusiaan, proyek independen, pertukaran mahasiswa, asistensi dan magang diluar kampus.

"Dalam delapan bentuk program kampus merdeka, UBB mengambil format tiga semester didalam program studi (prodi) dan lima semester diluar prodi. Minat dan bakat mahasiswa kota beragam, oleh karena itu kita buat kampus merdeka," kata Ibrahim.

"Untuk kuliah diluar kampus ini setara dengan 20 SKS yang menjadi hak mahasiswa, sehingga kami memiliki kewajiban untuk memberikan fasilitas, pendanaan, kemitraan dan kerjasama serta akan transkrip akademik," katanya.

Ibrahim menambahkan, dan MBKM Expo 2021 ini terbuka untuk pelajar, mahasiswa dan umum, dan menampilkan beberapa rangkaian kegiatan meliputi Talkshow Gebyar Fun Learning Anak Muda Bangka Belitung, dengan narasumber Tika Bisono, (psikolog pendidikan), pemutaran video journey of MBKM UBB dan stand up comedy.

MBKM fun games, edu-talk and campus snap shoot pendidikan yang memerdekakan dengan narasumber Nizam, orasi pendidikan disrupsi, industri pandemi, dan kemerdekaan belajar, ada juga MBKM Award serta pameran hasil karya atau produk MBKM UBB 2021.

"MBKM Expo 2021 ini perdana dilakukan dengan memamerkan kegiatan luar kampus. Hasil kegiatan teman-teman kurang lebih 800 orang, yang tergabung 100 kelompok dengan 8 varian program luar kampus," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021