Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memangkas sejumlah ranting dan dahan pohon yang membahayakan keselamatan orang dan pengendara di daerah itu. 

"Mengingat kondisi angin kencang maka kami melakukan pemangkasan dahan dan ranting pohon," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Belitung, Edi Usdianto di Tanjung Pandan, Selasa. 

Menurut dia, hal tersebut dilakukan guna mengantisipasi terjadinya pohon tumbang atau ranting patah sehingga membahayakan keselamatan orang serta pengendara lalu lintas. 

"Termasuk kabel listrik karena jika dahan atau ranting pohon itu jatuh dan menimpa jaringan listrik mengakibatkan terjadinya pemadaman," ujarnya. 

Dia menyebutkan, dalam beberapa hari terkahir kondisi Belitung dilanda cuaca buruk seperti hujan dan angin kencang. 

"Kami bersama PUPR mengambil langkah cepat menangtisipasi terjadinya musibah akibat pohon tumbang dan lain sebagainya," kata dia. 

Ia mengimbau, masyarakat dapat menjaga kebersihan lingkungan sekitar terutama drainase dari sampah agar tidak mengalami penyumbatan, menimbulkan genangan air dan banjir. 

"Karena cuaca ekstrem angin kencang serta hujan diprediksi akan berlangsung selama beberapa hari ke depan maka kami masyarakat menjaga kebersihan lingkungan sekitar terutama drainase dari penumpukan sampah," ujar Edi Usdianto.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021