Muntok (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, berupaya meningkatkan promosi berbagai produk usaha kecil dan menengah untuk membantu kemandirian para pelaku usaha.

"Kami harapkan bantuan promosi melalui sejumlah media ini mampu mengenalkan produk usaha kecil dan menengah (UKM) kepada masyarakat di luar daerah sekaligus memperluas pangsa pasar," ujar Kepala Bidang Informatika Dinas Perhubungan, Pariwisata, Kebudayaan, dan Informatika Kabupaten Bangka Barat Henry Een Firsanto di Muntok, Sabtu.

Ia mengatakan sejumlah produk UKM dan industri kreatif di daerah itu selama ini seperti jalan di tempat dan belum terlihat adanya peningkatan produksi secara signifikan.

Dengan adanya berbagai pola promosi yang sedang dilakukan dan akan terus ditingkatkan, ia berharap ke depan berbagai produk UKM dan industri kreatif produksi para pelaku usaha setempat menjadi lebih laku.

"Kami berharap produk lokal mampu bersaing dengan produk luar daerah, baik dari sisi harga maupun kualitasnya sehingga promosi yang terus digalakkan bisa berjalan bersamaan," kata dia.

Ia mengatakan pola promosi berbagai produk UKM dan industri kreatif yang sedang dilakukan melalui media massa, majalah, dan protal.

"Kebetulan kami memiliki majalah dan protal pemkab yang memiliki berbagai keunggulan, baik dari konten isi maupun jumlah pembaca, kami harapkan pola sederhana seperti ini bisa membantu para pelaku usaha di daerah itu," kata dia.

Menurut dia, pola yang sedang dilakukan akan terus berjalan dan kemungkinan akan terus ditingkatkan sesuai anggaran yang telah disediakan.

"Kami yakin jika usaha yang telah digeluti masyarakat selama beberapa tahun terakhir  akan cukup membantu pelaku usaha meningkatkan pangsa pasar, sekaligus mewujudkan kemandirian dan kesejahteraannya," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015