Pangkalpinang, (Antara Babel) - Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrat Kepulauan Bangka Belitung optimistis meraih sembilan kursi DPRD Tingkat I pada Pemilu 2014.

"Partai Demokrat termasuk partai besar di daerah ini sehingga peluang untuk mencapai target itu cukup besar," kata Direktur Eksekutif DPD Partai Dermokrat Babel Nico Plamonia Utama di  Pangkalpinang, Kamis.

Selain itu, kata Nico, kejadian yang selama ini menimpa Dewan Perwakilan Pusat (DPP) tidak akan memberikan pengaruh signifikan terhadap perolehan suara Demokrat di Babel.

"Saat ini, masyarakat tidak lagi melihat asal partai figur yang dicalonkan, namun mereka lebih mementingkan kualitas figur misalnya visi misi, program, dan 'track record' calon tersebut," ujarnya.

Ia menjelaskan, dari total sembilan kursi DPRD Provinsi yang ditargetkan, enam kursi berasal enam daerah pemilihan (Dapil) di Babel. Dan untuk tambahan dua kursi berasal dari kabupaten Bangka dan Kabupaten Belitung.

"Untuk satu kursi lagi, kami sedang melakukan survei dan kalkulasi di enam Dapil terhadap peluang caleg Demokrat memenangkan Pileg 2014," ujarnya.

Ia mengatakan, pada Pemilu 2014, calon legislatif Partai Demokrat masih didominasi calon pejabat kini karena selama menjabat sebagai anggota DPRD telah menunjukkan prestasi memajukan pembangunan daerah dan Partai Demokrat Babel.

"Komposisi calon anggota DPRD provinsi yang akan diajukan Demokrat Babel yaitu 70 persen calon incumbent dan 30 persen lagi calon baru. Sedangkan keterwakilan perempuan, Partai Demokrat menyediakan kuota di atas 30 persen" ujarnya.

Ia mengatakan, tidak semua calon incumbent akan maju dalam Pemilu 2014 karena faktor usia. Selain itu, ada juga calon incumbent yang akan fokus terhadap kegiatan lain seperti bisnis sehingga tidak akan ikut pencalonan anggota DPRD Babel.

Sementara itu, kata dia, pada Pemuilu 2009 Partai Demokrat mampu meraih tujuh kursi DPRD Tingkat I di enam Dapil Babel yaitu Pangkalpinang, Bangka Tengah, Bangka Selatan, Belitung dan Belitung Timur, Bangka Barat dan Bangka.

Ia berharap dengan calon legislatif Demokrat Babel yang teruji dan berkualias dapat memperoleh sembilan kursi di DPRD Provinsi.

Pewarta: Oleh Aprionis/Sutan

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2013