Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mendirikan posko pengawasan Natal dan Tahun Baru 2022 di pelabuhan Tanjung Pandan.

Kepala KSOP Kelas IV Tanjung Pandan, Anggiat Douglas Silitonga di Tanjung Pandan, Kamis mengatakan posko tersebut mulai didirikan sejak 17 Desember hingga 8 Januari mendatang.

"Posko Natal dan Tahun baru ini juga melibatkan instansi lain seperti TNI/Polri, Pelindo dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP)," katanya.

Menurut dia, posko Natal dan Tahun berfungsi untuk melakukan pengawasan kepada setiap penumpang yang akan melakukan perjalanan di pelabuhan tersebut.

"Termasuk kepada para sopir pengangkut logistik yang menggunakan kapal Ro-Ro di pelabuhan Tanjung Pandan," ujarnya.

Ia menambahkan, pelaku perjalanan domestik wajib mengikuti persyaratan dan ketentuan yang berlaku seperti menunjukan bukti hasil pemeriksaan antigen bagi penumpang yang telah menerima vaksin dosis lengkap dan menunjukan hasil pemeriksaan PCR bagi penumpang yang baru menerima vaksin dosis pertama.

"Memang tidak ada pembatasan perjalanan namun kepada penumpang memang diberlakukan pengetatan dan pengawasan sebelum melakukan perjalanan," katanya.

Selain itu, lanjut dia, KSOP Tanjung Pandan bersama KKP Wilker Tanjung Pandan juga menyiapkan sebanyak 2.000 dosis vaksin bagi penumpang yang diketahui belum menerima vaksinasi.

"Mereka yang hendak melakukan perjalanan namun belum mengikuti vaksinasi maka akan kami lakukan penyuntikan vaksin di lokasi," ujarnya.

Ia mengimbau, kepada para penumpang di pelabuhan itu agar dapat melengkapi dokumen dan persyaratan sebelum melakukan perjalanan.

"Sejauh ini arus penumpang di pelabuhan Tanjung Pandan normal belum terjadi lonjakan yang signifikan," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021