Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar pelayanan vaksinasi COVID-19 di desa-desa terpencil semasa libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 guna membantu pemerintah daerah mempercepat peningkatan cakupan vaksinasi.

"Kita siapkan 4.000 dosis untuk warga desa-desa terpencil yang belum tersentuh vaksinasi COVID-19," kata Ketua PMI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Abdul Fatah di Pangkalpinang, Jumat.

Dalam menyelenggarakan pelayanan vaksinasi COVID-19 di desa-desa terpencil, ia mengatakan, PMI berkolaborasi dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) yang memiliki tenaga penyuluh di desa dan pulau-pulau terpencil.

"Untuk mencapai sasaran itu, kita butuh data, makanya PMI menggandeng BKKBN, karena kita tahu BKKBN memiliki tenaga penyuluh KB yang ada di desa-desa. Vaksinasi kita lakukan setelah data-data warga desa yang belum divaksinasi di Pemprov Babel didapatkan," kata Abdul Fatah, yang saat ini juga menjabat sebagai Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung.

Kepala BKKBN Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Fazar Supriadi menyatakan siap mengerahkan tenaga penyuluh di desa untuk membantu penyelenggaraan pelayanan vaksinasi COVID-19 di desa-desa.

PMI di tingkat kabupaten dan kota di Kepulauan Bangka Belitung sudah mulai menyelenggarakan pelayanan vaksinasi COVID-19 di wilayah kerja masing-masing.

"Kami bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Bangka Barat sudah mulai jalan dengan target sasaran vaksinasi pelajar," kata Ketua PMI Kabupaten Bangka Barat, Hendra.
 

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021