Pangkalpinang (Antara Babel) - Ratusan calon penumpang kapal Ekspres Bahari tujuan Pelabuhan Tanjungpandang Belitung, memadati Pelabuhan Pangkalbalam, Kepulauan Bangka Belitung, pada H-1 Idul Fitri 1436 Hijriah, Kamis.

Di terminal penumpang Pelabuhan Pangkalbalam terlihat ratusan calon penumpang memadati dalam ruangan dan luar terminal pelabuhan tersebut.

Jumlah penumpang arus mudik di Pelabuhan Pangkalbalam tujuan Pelabuhan Tanjungpandan diperkirakan mengalami peningkatan dibanding arus mudik pada H-2 Lebaran.

Terlihat kendaraan pengunjung dan angkutan kota juga mengalami peningkatan, sehingga pada hari terakhir mudik tahun ini telihat padat dan lancar.

Untuk mengantisipasi berbagai ngangguan keamanan, terlihat petugas KSOP, kepolisian dan instansi terkait lainnya bersiaga dan memantau kelancaran arus mudik tersebut.

Salah seorang petugas Posko Mudik Lebaran 2015 Pelabuhan Pangkalbalam, menyatakan puncak arus mudik berjalan aman dan kondusif.

"Sampai saat ini, kami belum menemukan tindak kejahatan dan ngangguan keamanan lainnya, sehingga keberangkatan calon penumpang di teminal berjalan lancar, tertib," ujarnya.

Menurut dia jumlah calon penumpang  yang berangkat pada H-1 Lebaran ini diperkirakan meningkat dibanding penumpang H-2 sebanyak 300 orang dan tiba di Pelabuhan Pangkalbalam 350 orang.

"Peningkatan arus mudik ini karena pegawai negeri sipil dan pegawai swasta sudah libur Lebaran, sehingga mereka memanfaatkan liburan ini untuk pulang kampung merayakan Idul Fitri yang jatuh pada Jumat (17/7)," ujarnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015