Pemerintah Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, mengusulkan sebanyak 240 tenaga fungsional pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) ke Menpan RB RI guna memenuhi kebutuhan tenaga di lembaga pemerintahan daerah setempat.

"Tenaga PPPK sebanyak 240 orang tersebut sudah kami usulkan ke Menpan RB untuk pengrekrutan tahun 2022," kata Badan Kepegawaian dan
Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Bangka, Baharita di Sungailiat, Rabu.

Dia mengatakan, dari ratusan PPPK yang diusulkan sebagian besar tenaga pendidik, tenaga kesehatan termasuk pula terdapat sejumlah tenaga pranata komputer, penyuluh keluarga berencana (KB), penyuluh pertanian dan tenaga fungsional lainnya.

"Tenaga PPPK yang diusulkan tahun 2022 mencakup beberapa bidang fungsional, sementara penerimaan tenaga PPPK tahun sebelumnya hanya khusus tenaga pendidik," jelasnya.

Banyaknya formasi tenaga guru yang diterima tenaga PPPK kata dia, untuk menggantikan guru yang pensiun karena diketahui setiap tahun terdapat guru purna tugas.

Menurutnya, penerimaan tenaga PPPK sudah berjalan sejak 2021 karena usulan formasi aparatur sipil negara waktu itu tidak disetujui oleh pemerintah pusat.

Dia berharap, ratusan orang diusulkan menempati tenaga PPPK fungsional dapat disetujui semuanya oleh Menpan RB, usulan itu berdasarkan data pemenuhan kebutuhan pegawai sementara.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022