Ratusan warga Desa Air Lintang, Kecamatan Tempilang, Kabupaten Bangka Barat berbondong-bondong mendatangi Mobil Sehat PT Timah Tbk di Kantor Desa Air Lintang, Selasa (25/1/2022). 

Kehadiran Mobil Sehat PT Timah Tbk ini disambut antusias masyarakat. Pasalnya masyarakat bisa mendapatkan pelayanan kesehatan gratis serta konsultasi kesehatan. 

Salah satu Warga Hajah Rabuniah (78) yang mendapatkan pelayanan kesehatan mengaku, dirinya memiliki beberapa keluhan seperti badannya merasa kebas dan sering pusing sehingga menyebabkan dirinya terjatuh. 

"Kalau sudah pusing, saya sering kali terjatuh," ugkap Rabuniah.

Ia menceritakan, dirinya sudah berobat kemana-mana, namun tidak memberikan dampak signifikan untuk kesehatannya. Ia berharap dengan berobat di mobil sehat ini dapat memberikan kesembuhan untuk penyakit yang dideritanya.

"Ibu sudah berobat dimana-mana, tapi belum ada yang memberikan kesembuhan untuk penyakit yang Ibu derita," sebutnya. 

Senada, Asnam (70) mengatakan, dirinya berobat karena mengalami beberapa keluhan  seperti kepala, maag dan nyeri pada kakinya. 
Sebelumnya, Ia biasa berobat ke puskesmas tempilang yang berjarak sekitar kurang lebih 500 meter dari rumahnya.

Namun, dirinya memiliki pengalaman berbeda saat berobat di mobil sehat. Ia bahkan tak menyangka Mobil Sehat memiliki fasilitas yang lengkap. 

“Saya terkejut melihat mobilnya lewat dari rumah saya pagi tadi. Mobilnya seperti rumah karena besar dan fasilitasnya lengkap,” katanya sambil tertawa.

Mobil Sehat PT Timah Tbk tidak hanya melayani pemeriksaan kesehatan bagi lansia saja, Betap (14) turut memanfaatkan kehadiran mobil sehat untuk berobat. 

“Saya baru sekali ini melihat adanya mobil seperti ini. Mobil yang bisa tempat berobat. Hal ini sangat bagus mempermudah kami untuk berobat,” ungkapnya.

Ia mengeluh sakit flu dan terkena asma. Sehingga orangtuanya menyuruh berobat ke mobil sehat PT Timah Tbk.

"Saya sudah tidak sekolah karena  terkena flu sudah dua hari, jadi orang tua saya menyuruh untuk berobat ke mobil sehat ini,” katanya.

Bantu Pemerintah Berikan Layanan Kesehatan

Kehadiran Mobil Sehat PT Timah Tbk yang menyasar hingga ke pelosok wilayah operasional perusahaan, dinilai membantu Pemerintah dalam memberikan dan mendekatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. 

Hal ini diungkapkan Sekretaris Camat Tempilang,
Nusiawati saat menghadiri pelayanan kesehatan dari Mobil Sehat PT Timah Tbk di Desa Air Lintang, Kecamatan Tempilang, Kabupaten Bangka Barat, Selasa (25/1/2022). 

Nusiawati  menjelaskan, fasilitas pemerintah terbatas mengenai kesehatan, namun dengan adanya mobil sehat PT Timah Tbk sangat membantu masyarakat.

“ Fasilitas yang diberikan pemerintah memang terbatas tapi sudah diperbaiki sedemikian rupa. Dengan adanya mobil sehat PT Timah Tbk sangat membantu masyarakat yang berasal dari daerah jauh dan sebagainya,” ujarnya. 

Ia sangat mengapresiasi atas bantuan yang diberikan PT Timah Tbk kepada masyarakatnya. Tidak hanya mobil sehat, namun PT Timah juga memberikan bantuan seperti modal usaha untuk masyarakat dan bantuan lainnya.

“ Saya sangat senang dan mengapreasi atas bantuan-bantuan yang diberikan PT Timah kepada masyarakat sini. Bantuan seperti mobil sehat, bantuan modal, bantuan sakit, dan masih banyak bantuan lainnya,” ceritanya.

“ Saya sangat berharap kontribusi PT Timah kepada masyarakat terus berlanjut dan tidak berhenti sampai sini,” tambahnya.

Kepala Desa Air Lintang Heriyanto mengapresiasi  kegiatan mobil sehat ini di Desa Air Lintang. Diakuinya, kegiatan mobil sehat ini merupakan permintaan dari pihak Desa kepada PT Timah Tbk, mengingat pentingnya kesehatan bagi warga yang dipimpinnya.

"Kami selaku aparat Desa mengucapakan terimakasih kepada PT Timah Tbk, sudah menghadirkan mobil sehat untuk warga Kami. Semoga PT Timah kedepannya terus dapat memberikan kontribusinya untuk masyarakat," ujar Heriyanto.

Menurutnya, selain pemeriksaan kesehatan, di Mobil Sehat PT Timah Tbk juga diberikan obat-obatan, sehingga hal ini bisa meningkatkan daya tarik masyarakat untuk berobat. 

"Pemeriksaan kesehatan di sini juga ada obat yang diberikan secara gratis. Tentu saja hal ini membuat antusiasme warga sangat tinggi," pungkasnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022