Badan Pusat Statistik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat kunjungan wisatawan asing selama Desember 2021 mencapai 84 orang atau naik delapan kali lipat dibandingkan bulan sebelumnya sembilan orang.

"Peningkatan kunjungan wisatawan ini, karena adanya momen libur panjang Natal dan Tahun Baru 2022," kata Kepala BPS Provinsi Kepulauan Babel Dwi Retno Wilujeng Wahyu Utami di Pangkalpinang, Kamis.

Ia menjelaskan jumlah total kunjungan wisatawan dan menginap pada hotel bintang di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Desember 2021 sebanyak 48.086 orang, atau naik 16,16 persen dibandingkan bulan sebelumnya 41.395 orang.

"Meski kunjungan wisman mengalami peningkatan signifikan, namun wisatawan domestik lebih mendominasi wisman. Dari total 48.086 wisatawan 99,82 persen adalah wisatawan domestik," ujarnya.

Ia mengatakan Kabupaten Bangka menjadi daerah dengan kenaikan tamu hotel tertinggi. Wilayah ini tercatat mengalami kenaikan mencapai 29,99 persen.

"Seluruh wilayah mengalami peningkatan jumlah tamu hotel bintang dan Pulau Belitung menjadi daerah dengan peningkatan terendah dengan catatan peningkatan 10,18 persen saja," katanya.

Menurut dia rata-rata lama menginap wisatawan keseluruhan pada hotel bintang selama 1,52 hari. Jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya, para tamu mengalami
penurunan lama menginap selama 0,35 hari.

"Wisatawan asing cenderung menginap lebih lama dibandingkan wisatawan Indonesia. Rata-rata lama menginap antara tamu asing dan tamu domestik masing-masing sebesar 3,44 dan 1,51 hari," katanya.

Ia menambahkan hotel-hotel di Pulau Belitung menjadi tempat menginap paling lama dibadingkan wilayah lainnya. Tamu cenderung menghabiskan waktu hampir 2 hari menginap di hotel yang berada di negeri laskar pelangi itu.

"Tamu-tamu di hotel yang berada di Kabupaten Bangka dan Kota Pangkalpinang memiliki rata-rata lama menginap yang cukup singkat dimana masing-masing tercatat berdurasi 1 dan 1,49 hari saja," katanya. ***1***
 

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022