Beijing (Antara Babel) - Permainan gaple dan catur mengawali rangkaian lomba perayaan Hari Ulang Tahun ke-70 Republik Indonesia di Kedutaan Besar RI di Beijing, Sabtu.

"Ini merupakan awal dari rangkaian lomba memeriahkan peringatan HUT ke-70 RI, dan diharapkan dapat pula makin mempererat silaturahmi antarmasyarakat Indonesia di Beijing," kata Duta Besar RI untuk Tiongkok merangkap Mongolia Soegeng Rahardjo dalam kata sambutannya.

Ia menambahkan kegiatan lomba dan pertandingan tersebut diharapkan pula dapat menghibur selain menyehatkan tubuh. "Jaga sportivitas, dan semoga dengan kegiatan ini dapat menyehatkan dan menghibur para peserta. Karena dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang sehat," ujar Dubes Soegeng.

Rangkaian lomba dan permainan dalam rangka HUT ke-70 RI di Beijing dimulai 1 hingga 9 Agustus meliputi gaple, catur, bulu tangkis, tenis meja, dan bowling. Sedangkan lomba anak-anak akan dilaksanakan pada 17 Agustus mendatang.

Lomba anak-anak meliputi lomba makan kerupuk, sendok kelereng, lomba mewarnai, dan memasukkan pensil ke dalam botol.

          
Lomba Fotografi
    
Sementara itu Konsulat Jenderal RI di Hong Kong mengadakan lomba foto bagi para Buruh Migran Indonesia (BMI) dengan tema "Indonesia di Hong Kong" yang akan dilaksanakan pada 23 Agustus 2015.

"Sementara lomba dan pertandingan lainnya seperti bola voli, bulu tangkis, dan karaoke, telah dilaksanakan pada Juni," kata Konjen RI di HK Chalief Akbar Tjandraningrat.

Hal serupa juga digelar Konsulat Jenderal RI di Guangzhou, yang menggelar seluruh rangkaian lomba dan pertandingan sejak Juni 2015. "Kami telah menggelar beragam lomba dan pertandingan seperti tenis meja, bulu tangkis dan footsal yang pesertanya menggunakan sarung, saat bertanding," kata Konjen RI Guangzhou Ratu Silvy Gayatri.

Seluruh hasil lomba dan pertandingan tersebut akan diumumkan pada puncak peringatan HUT ke-70 RI pada 17 Agustus 2015. Seluruh perwakilan RI di Tiongkok, juga akan menggelar resepsi memperingati 70 Tahun Kemerdekaan RI.

Pewarta: Rini Utami

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015