Sungailiat (Antara Babel) - Jajaran Pemerintah Kota Serang, Provinsi Banten melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Bangka untuk mengetahui sistem pemekaran wilayah di tingkat kecamatan, kelurahan dan desa.

Menurut Asisten Pemerintahan Pemkot Serang, Kosasih, di Sungailiat, Senin, pihaknya bersama 11 pejabat lainnya sengaja memilih Kabupaten Bangka karena dianggap berhasil melakukan pemekaran baik di tingkat kecamatan, kelurahan maupun desa.

"Kami sengaja berkunjung ke Kabupaten Bangka untuk mengetahui tata cara melakukan pemekaran daerah, dan hal ini penting untuk kami ketahui karena Pemkot Serang juga merencanakan hal serupa," katanya.

Asisten Administrasi Umum Setda Bangka, Surtam mengatakan Kabupaten Bangka memiliki visi "Bangka Bermartabat" yakni kondisi masyarakat yang mempunyai harga diri serta tatanan masyarakat yang mempunyai tingkat harkat kemanusian yang tinggi dan diimplementasikan pada sektor pertanian yang tangguh.

"Kemudian pemerintahan yang bersih dan melayani, rakyat yang sejahtera, dan pengelolaan sumber daya alam yang lestari," katanya menambahkan.

Untuk mencapai visi tersebut, kata dia, juga telah ditetapkan misi yakni mewujudkan pertanian yang tangguh, mewujudkan tata pemerintahan yang bersih dan melayani, mewujudkan Kabupaten Bangka yang sejahtera, dan mewujudkan pengelolaan sumber daya alam yang lestari.

"Kita juga sudah melakukan pemekaran wilayah di Kecamatan Sungailiat dan juga Kecamatan Belinyu. Untuk potensi unggulan di bidang pertanian sebesar 22,69 persen, pertambangan 18,28 persen, perdagangan, pariwisata, perhotelan sebesar 19 persen," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015