Barcelona (ANTARA Babel) - Barcelona akan menjamu Paris St. Germain (PSG) di Nou Camp dalam laga leg kedua perempat final Liga Champions, pada Kamis dini hari WIB.

Meski "El Barca" lebih diunggulkan karena mencetak dua gol tandang di Paris, namun sejatinya itu belum berarti kepastian untuk mereka lolos.

Pertandingan saat inilah yang menjadi penentuan sebenarnya, siapa yang melaju ke semi-final.

Barcelona sebenarnya punya sedikit masalah dengan kebugaran pemain, terutama setelah cederanya Lionel Messi. Dia kemungkinan besar tidak  dimainkan, karena masih mengalami masalah dengan hamstringnya.

Di lini pertahanan, Javier Mascherano juga dipastikan tidak bisa membela Barca sampai Mei. Gelandang yang biasa bermain di posisi bek itu, telah didiagnosa mengalami masalah dengan lututnya.

Biarpun tanpa dua pemain inti tersebut, pasukan Tito Vilanova telah membuktikan bisa tetap tampil baik. Buktinya mereka berhasil melumat Real Mallorca dengan skor 5-0 dalam laga terakhir di Liga Utama Spanyol.

Ketika itu posisi Messi digantikan oleh Cesc Fabregas, sedangkan di lini pertahanan ada Marc Bartra sebagai pengganti Mascherano.

Hanya saja pilihan untuk pemain muda Bartra sepertinya tidak akan dipakai untuk laga penting melawan PSG, kemungkinan Alex Song yang ditaruh mundur menemani Gerard Pique di bek tengah.

"Kami harus bisa memperlakukan laga ini seperti final dan memberikan hasil yang baik. Tujuan kami adalah menang, seperti laga lain. Kami harus berusaha dari sejak awal pertandingan," ujar Asisten Pelatih Barcelona, Jordi Roura seperti dikutip laman UEFA.

Sementara di kubu PSG, tampak punya pilihan yang kurang lebih sama seperti laga leg pertama. Duet lini pertahanan Thiago Silva dan Alex juga siap untuk dimainkan kembali, setelah keduanya sempat mengalami cedera.

Kapten Silva telah pulih, setelah  mengalami cedera lutut dan tidak dimainkan pada laga terakhir melawan Rennes di Liga Utama Prancis. Kondisi bek Alex pun cukup bugar, setelah mengalami cedera paha.

Gelandang asal Italia, Thiago Motta pun sudah kembali dari cedera. Dia dapat menjadi pilihan baru, untuk membuat perbedaan terhadap jalannya pertandingan.

"Kami akan menggunakan semua kualitas yang dipunya - menyerang, bertahan, solid, dan berjuang dengan semua yang kami punya... Semua orang tahu kami punya sedikit kesempatan untuk membuat itu berhasil, tapi yang terpenting kami punya kesempatan," ujar Pelatih PSG, Carlo Ancelotti.

Prediksi line-up Barcelona vs PSG

Barcelona (4-3-3)
Victor Valdes (penjaga gawang); Dani Alves, Gerard Pique, Alex Song, Jordi Alba; Xavi Hernandez, Sergio Busquets, Andres Iniesta; Pedro, Cesc Fabregas, David Villa

PSG (4-2-2-2)
Salvatore Sirigu; Christophe Jallet, Alex, Thiago Silva, Maxwell; Lucas Moura, David Beckham, Clement Chantome, Javier Pastore; Zlatan Ibrahimovic, Ezequiel Lavezzi

Prediksi hasil akhir
Barcelona memang punya rekor 20 kali melakoni laga Liga Champions di kandang tanpa pernah terkalahkan. Hanya saja itu adalah fakta lalu, pembuktian adalah pertandingan nanti ketika peluit leg kedua melawan PSG di bunyikan wasit.

Apalagi kemungkinan Barca akan bertanding tanpa Messi dan Mascherano, dua kehilangan besar yang pasti membuat perbedaan besar. Mungkin hal tersebut tidak terlihat ketika Barca melumat Mallorca 5-0, tapi melawan PSG adalah perkara lain.

PSG sendiri meski pada leg pertama bisa dikatakan beruntung mengimbangi Barca 2-2, nampaknya akan lebih serius menghadapi laga penentuan nanti. Tentu saja dengan catatan Ibrahimovic dan Lavezzi tidak membuang-buang peluang, kemungkinan PSG menang 2-1 bisa saja terjadi.

Prediksi menurut laman Goal.com  

Barcelona 3-1 PSG (17,64 persen)
Barcelona 3-0 PSG (15,42 persen)
Barcelona 2-1 PSG (10,28 persen)
   
Head to Head

UEFA Champions League ‎(UCL)‎     2 Apr 2013     Paris St. Germain (PSG) 2 - Barcelona 2    
Club Friendlies ‎(FR)‎     4 Aug 2012     Paris St. Germain (PSG) 2 - Barcelona 2    
 
Lima pertandingan terakhir

Barcelona
6 Apr 2013  Barcelona 5 - Mallorca 0    LIGA
2 Apr 2013  Paris St. Germain (PSG) 2 - Barcelona 2    UCL
30 Mar 2013  Celta 2 - Barcelona 2    LIGA
17 Mar 2013  Barcelona 3 - Rayo Vallecano 1    LIGA
12 Mar 2013  Barcelona 4 - AC Milan 0    UCL

Paris St. Germain (PSG)
6 Apr 2013 Rennes 0 - Paris St. Germain (PSG) 2    FRA1
2 Apr 2013 Paris St. Germain (PSG) 2 - Barcelona 2    UCL
29 Mar 2013 Paris St. Germain (PSG) 1 - Montpellier Herault SC 0    FRA1
17 Mar 2013 AS Saint-Etienne 2 - Paris St. Germain (PSG) 2    FRA1
9 Mar 2013 Paris St. Germain (PSG) 2 - AS Nancy Lorraine 1    FRA1





Penerjemah: M Baghendra Lodra

Pewarta:

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2013