PT Timah Tbk bersama KSM Bank Sampah Kabupaten Bangka Barat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar kemah sampah, dalam rangka memperingati Hari Sampah Nasional 2022 di negeri serumpun sebalai itu.

"Kegiatan ini untuk mencari sumber daya manusia dalam penggeloaan sampah, guna mengatasi permasalahan persampahan ini," kata Manager KSM Bank Sampah Sepakat Bangka Barat Mexsi Diansah di Desa Air Limau, Senin.

Ia mengapresiasi PT Timah Tbk yang telah menggelar kemah sampah di Wisata Sampah Kolong Cepakek Desa Air Limau dengan melibatkan pengurus desa, pokdarwis, karang taruna, Bumdes, LSM, organisasi dan pelajar sekolah  SMP, SLTA se-Kabupaten Bangka Barat.

"Dari kegiatan ini kami mengharapkan ada kaderisasi bidang persampahan, karena dalam pengelolaan lingkungan kita bentuk kadernya dulu. Sebaik apapun program kalau tidak ada SDM  yang menjalani tidak akan dapat berjalan juga program tersebut," katanya.

Ia menyatakan kegiatan kemah sampah dalam memperingati Hari Sampah Nasional tahun ini, PT Timah Tbk bersama KSM Bank Sampah Bangka Barat menggelar berbagai kegiatan selama tiga hari diantaranya pelatihan pengelolaan sampah menjadi produk bernilai ekonomi, seminar persampahan dan pentas seni.

"Di sini PT Timah memberikan reward dan dukungan lainnya untuk kegiatan  selama tiga hari tiga malam di lokasi wisata ini," katanya. 

"Kami sangat mengapresiasi PT Timah dari tahun 2001 mereka telah suport kita untuk peringgatan hari sampah, mudah-mudahan kegiatan ini dapat terus disuport sampai dihilirnya untuk  pemberdayaan masyarakat," sambungnya.

Salah satu peserta Kemah Sampah, Havisa Amelia mengaku banyak manfaat mengikuti Kemah Sampah memperinggati HPSN  2022.

"Dari kegiatan ini kita mendapatkan pengetahuan tentang pengelolaan sampah. Sampah yang kita pandang sebagai sesuatu yang tak berguna lagi, bila kita kelola dengan baik ternyata bisa memberikan nilai ekonomis, seperti kompos , kerajinan dan lain-lain," katanya.

Yan Saputra siswa SMA Negeri 1 Muntok menyampaikan  banyak edukasi yang didapat menggikuti kegiatan ini.

"Kegiatan ini sangat positif dan bermanfaat buat peserta yang mengikuti even ini. Nantinya kami mengedukasi teman-teman di sekolah. Melalui Kemah Sampah ini. Lebih baik kita mengguranggi sampah daripada kita mendaur ulang sampah," katanya.  **3**

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022