Muntok (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung hingga kini belum memiliki armada pemadam kebakaran sehingga cukup kesulitan jika terjadi bencana/muisibah yang disebabkan api tersebut.

"Belum adanya armada pemadam kebakaran menjadi kendala serius kami untuk melakukan pemadaman api jika terjadi kebakaran, baik di wilayah permukiman maupun di lokasi lain seperti lahan/hutan," ujar Kepala Kesbangpol dan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bangka Barat, Sutarmo, di Muntok, Sabtu.

Ia mengatakan, selama ini jika terjadi kebakaran rumah maupun lahan, pemkab dan masyarakat berkoordinasi dengan Unit Metarulgi (Unmet) Muntok karena hanya perusahaan negara tersebut yang memiliki mobil pemadam kebakaran.

"Kami berharap ke depan pemkab memiliki sarana dan prasarana dalam penanggulangan bencana kebakaran sendiri sehingga bisa cepat bergerak jika terjadi bencana/musibah," kata dia.

Dalam upaya pengadaan kendaraan itu, kata dia, pihaknya saat ini sedang mengajukan permohonan bantuan armada pemadam kebakaran ke Pemerintah Pusat.

"Kami juga mengajukan bantuan perlengkapan lain ke PT Timah Tbk," katanya.

Terkait dengan ketersediaan personel, kata dia, Kantor Kesbangpol dan PDB selalu siap menerima aduan dan terus melakukan koordinasi dengan Unmet Muntok sebagai pemilik armada pemadam kebakaran.

"Kami imbau kepada masyarakat untuk segera melapor ke kami atau langsung ke Unmet Muntok jika terjadi bencana kebakaran agar bisa segera ditanggulangi dan tidak mengakibatkan kerugian yang semakin banyak," kata dia.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015