Pangkalpinang (Antara Babel) - Alokasi kursi DPRD Tingkat II Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) pada Pemilu 2014 bertambah karena laju pertumbuhan penduduk di beberapa kabupaten/kota cukup tinggi.

"Pada Pemilu 2014 alokasi kursi DPRD Tingkat II Babel sebanyak 190 kursi atau bertambah 15 kursi dari pemilu sebelumnya yaitu 175 kursi," kata anggota KPU Babel Divisi Teknis Penyelenggaraan Pudjiarti di Pangkalpinang, Kamis.

Ia menjelaskan 15 kursi baru DPRD Tingkat II tersebut tersebar masing-masing lima kursi di Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, dan Kabupaten Belitung Timur.

Dengan demikian, pada Pemilu 2014, alokasi kursi DPRD Tingkat II untuk Kota Pangkalpinang sebanyak 30 kursi, Kabupaten Bangka sebanyak 35 kursi, dan Kabupaten Belitung Timur sebanyak 25 kursi.

Sedangkan jumlah alokasi kursi DPRD Tingkat II di empat kabupaten lainnya masih tetap seperti dalam Pemilu 2009 karena jumlah penduduk potensial pemilih tidak mengalami peningkatan signifikan, yaitu 25 kursi di Kabupaten Bangka Barat, 25 kursi di Kabupaten Bangka Tengah, 25 kursi di Kabupaten Bangka Selatan, dan 25 kursi di Kabupaten Belitung.

Ia mengatakan penambahan jumlah kursi DPRD Tingkat II di beberapa wilayah Babel sudah disetujui KPU Pusat atas rekomendasi yang disampaikan KPU Babel.

"KPU provinsi tidak memiliki wewenang untuk menambah atau mengurangi jumlah alokasi kursi DPRD di setiap daerah pemilihan (dapil)," ujarnya.

Sementara itu, kata dia, banyak alokasi kursi DPRD Tingkat II Babel yang berubah di setiap dapilnya sejalan dengan perubahan persebaran penduduk di masing-masing daerah.

Ada penambahan dapil di beberapa kabupaten/kota untuk memudahkan masyarakat memberikan hak pilihnya, seperti Kabupaten Bangka Selatan yang hanya memiliki satu dapil yaitu di Kecamatan Lepar Pongok pada Pemilu 2009, menjadi tiga dapil dalam Pemilu 2014 yaitu Kecamatan Pongok, Tukak Sadai, dan Kepulauan Pongok.

Ia berharap dengan penambahan jumlah kursi dan perubahan alokasi kursi di beberapa wilayah Babel dapat mencukupi keterwakilan masyarakat di DPRD Tingkat II.

Pewarta: Oleh Aprionis/Sutan

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2013