Pangkalpinang  (Antara Babel) - Tim sukses bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pangkalpinang periode 2013-2018 Ismiryadi-Abu Bakar mendesak Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Pangkalpinang menyelelidiki netralitas Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) setempat.

"Ada indikasi keberpihakan anggota KPU Pangkalpinang terhadap bakal calon tertentu dan merugikan pihak Ismiyardi-Abu Bakar pada pencalonan kepala daerah," kata sekertaris tim sukses "Berkibar" M Amin di Pangkalpinang, Kamis.

Ia menilai KPUD Kota Pangkalpinang tidak profesional dalam melaksanakan tugasnya karena hanya memverifikasi satu berkas pasangan bakal calon kepala daerah dari total tiga berkas pasangan yang diusung partai politik nonparlemen.

"Kami minta Panwaslu secepatnya melakukan penyelidikan terhadap indikasi keberpihakan itu karena tahapan pilkada Kota Pangkalpinang jalan terus," ujarnya.

Ia menambahkan, KPUD Kota Pangkalpinang juga tidak mengakui dukungan partai politik nonparlemen yang mengusung pasanngan Ismiryadi-Abu Bakar sehingga jumlah suara dukungan partai berkurang.

"Sebelumnya kami sudah menyerahkan dukungan partai politik pengusung Ismiryadi-Abu Bakar, namun KPUD tidak mengakui dukungan itu. Padahal dukungan partai politik nonparlemen itu sah dan legal," ujarnya.

Ia mengatakan, tim sukses pasangan Ismiyardi-Abu Bakar akan memberikan bukti dukungan partai politik noparlemen yang mengusung pasangan bakal calon tersebut jika dibutuhkan Panwaslu.

Menurut dia, kasus tersebut harus segera diselesaikan karena jika sudah ada keputusan mengikat dari KPUD Kota Pangalpinang tentang penetapan pasangan calon akan semakin sulit menindaklanjuti indikasi keberpihakan KPU.

Sementara itu, Ketua Panwaslu Kota Pangkalpinang Suhari mengatakan, pengaduan tim sukses itu sudah diteliti dan sedang melengkapi bukti agar bisa diproses lebih lanjut.

"Kami berharap pengusung Ismiryadi-Abu Bakar bersabar, Panwaslu sudah memproses indikasi pelanggaran yang dilakukan KPUD Kota Pangkalpinang dan masih melengkapi bukti pelanggaran," kata Suharli.

Pewarta: Oleh Aprionis/Sutan

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2013