Pangkalpinang (Antara Babel) - Badan Usaha Milik Negara di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengelar permainan tradisional adu gasing dalam rangka memeriahkan peringatan HUT ke-70 Kemerdekaan RI.

"Adu gasing yang kami laksanakan hari ini (Senin) bertujuan untuk melestarikan permainan tradisional masyarakat di Bangka Belitung," kata Sekretaris Perusahaan PT Jasa Raharja (Persero), Budi Sulistijo di Pangkalpinang, Senin.

Dia mengatakan, perlombaan adu gasing dilaksanakan sekitar pukul 14.00 WIB di Alun-Alun Taman Merdeka Pangkalpinang (Pulau Bangka) dan di Tanjung Pendam (Pulau Belitung).

"Untuk perlombaan adu gasing hari ini di Pangkalpinang diikuti sebanyak 22 peserta laki-laki dan sembilan peserta perempuan. para peserta ini semuanya berasal dari seluruh kabupaten kota yang ada di Pulau Bangka," katanya.

Sementara Ketua Persatuan Gasing Seluruh Indonesia, Agus Gasing mengatakan untuk perlombaan adu gasing yang dilaksanakan di Pangkalpinang dipimpin langsung oleh Dirinya sebagai juri.

"Peserta adu gasing ini semuanya merupakan anggota Pergasi dari masing-masing kabupaten kota. Adapun yang diperlombakan hari ini yakni gasing jantung kelas standar," katanya.

Ia menyebutkan, untuk adu gasing kategori laki-laki dimenangi oleh Andi dari Kabupaten Bangka Barat dengan waktu berputar 3 menit 12 detik, juara dua dimenangi oleh Basirin dari kabupaten Bangka Barat dan juara tiga dimenangi oleh Badrun dari Kecamatan Jebus, Kabupaten Bangka Barat.

"Sedangkan untuk kategoria wanita, juara satu dimenangi oleh Tamukia dari Kabupaten Bangka, juara dua dimenangi oleh Julia dari Kabupaten Bangka selatan dan juara tiga dimenangi oleh Duma dari Kabupaten Bangka," ujarnya.

Untuk kategori pria, pemenang juara satu mendapat hadiah Rp500 ribu, juara dua Rp400 ribu dan juara tiga Rp350 ribu. Sedangka untuk kategori perempuan, juara satu mendapat hadiah Rp250 ribu, juara dua Rp200 ribu dan juara tiga Rp150 ribu.

"Kami harap dengan adanya perlombaan adu gasing ini, kedepannya dapat lebih menarik minat masyarakat untuk melestarikan buadaya dengan ikut bermain gasing tersebut," katanya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015