Pangkalpinang (Antara Babel) - Pawai Pembangunan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung diikuti 494 peserta, dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-70 di daerah itu.

"Kegiatan pawai dimulai pada Selasa (18/8) hingga Kamis (20/8), untuk memberikan hiburan kepada masyarakat dalam memeriahkan HUT RI ke-70," kata Koordinator Lapangan dan Juri Pawai Pembangunan 2015, Padli di Pangkalpinang, Selasa.

Ia menjelaskan pawai baris berbaris (PBB) digelar pada Selasa (18/8) diikuti 204 regu, karnaval yang dilaksanakan pada Rabu (19/8) diikuti 169 regu dan kendaraan hias digelar pada Kamis (20/8) diikuti 121 regu.

"Diperkirakan peserta pawai karnaval dan kendaraan hias akan bertambah, karena jumlah peserta masih belum valid," ujarnya.

Ia mengatakan peserta PBB yang dari peserta pawai kehormatan sebanyak 15 regu, peserta pawai indah berjumlah 180 regu dan peserta parade drum band yunior sebanyak 9 grup.

"Pawai ini cukup memberikan hiburan karena masyarakat sangat antusias dan memadati sepanjang jalan untuk menyaksikan  peserta pawai," ujarnya.

Menurut dia peserta pawai tahun ini mengalami penurunan dibanding tahun sebelumnya mencapai 547 regu.

"Pelaksanaan pawai tingkat provinsi ini turun sekitar 5 persen karena bersamaan dengan kegiatan pawai di kabupaten," ujarnya.

Ia mengatakan total hadiah untuk kegiatan pawai HUT RI sebesar Rp143 juta yang diberikan kepada para pemenang yang masuk kategori.

"Meskipun mengalami penurunan peserta namun tidak mengurangi kemeriahan dan antusias masyarakat untuk menyaksikan pawai," katanya.

Sementara itu, kata dia, pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada 21 Agustus dan hadiah dibagikan pada 27 Agustus pukul 10.00 WIB di Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung.

"Untuk hadiah berupa tropi, piagam dari gubernur untuk juara 1 hingga 5 semua kategori, sedangkan untuk juara 1 dan 2 masing-masing kategori akan mendapatkan tambahan uang pembinaan," jelasnya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015