Pangkalpinang (Antara Babel) - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Rustam Effendi menyatakan pawai memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-70 Kemerdekaan RI dapat dijadikan ajang promosi wisata daerah ini.

"Melalui pawai HUT Kemerdekaan RI dapat dijadikan sarana promosi pariwisata oleh pemerintah kabupaten/kota dalam meningkatkan kunjungan wisatawan," kata Rustam Effendi usai membuka pawai baris berbaris (PBB) di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan pawai menjadi ajang promosi karena peserta pawai yang berasal dari berbagai kabupaten banyak menampilkan budaya dan kesenian daerahnya.

Selain itu, melalui media yang mempublikasikan kegiatan ini turut membantu pemerintah dalam mempromosikan wisata.

"Banyaknya peserta yang ikut, menandakan besarnya semangat masyarakat untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan dengan cara mereka sendiri dan meningkatkan peran penting masyarakat dalam berpartisipasi memajukan pariwista," katanya.

Untuk memajukan pariwisata ini, kata dia, pihaknya telah melakukan berbagai upaya memperkenal potensi wisata pantai, pulau, kuliner dan sebagainya ke tingkat nasional dan internasional.

"Mudah-mudahan pawai yang mengangkat tema Wisata Babel ini berjalan aman, tertib, lancar dan tidak ada persoalan yang berarti," ucapnya.

Pawai HUT Kemerdekaan RI ke-70 diikuti 494 peserta, dimulai pada Selasa (18/8) hingga Kamis (20/8).

Pawai baris berbaris (PBB) digelar pada Selasa (18/8) diikuti 204 regu, karnaval yang dilaksanakan pada.

Pewarta: Septi Artiana

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015