Tidak semua orang pernah dan berkesempatan melakukan penerbangan lintas negara atau penerbangan Internasional. Jika Anda baru akan melakukannya dalam waktu dekat, Anda mungkin harus melakukan persiapan khusus untuk memastikan perjalanan bakal berjalan dengan nyaman.

Anda harus memperhitungkan beberapa faktor yang sebelumnya tidak ada di penerbangan domestik. Anda harus memperhatikan paspor, visa jika memang dibutuhkan, perbedaan jumlah kapasitas bagasi, dan kemungkinan untuk mendarat di bandara yang sebelumnya amat asing bagi Anda.


Mempersiapkan semua hal tersebut bakal membantu Anda mendapatkan pengalaman yang baik dan sekaligus mendapatkan gambaran mengenai apa yang bakal menanti Anda. Berikut kami sajikan daftar tips-tips penting bagi mereka yang baru pertama kali melakukan penerbangan Internasional.


Sebelumnya, jika Anda tengah mencari informasi mengenai penginapan di Singapore atau tiket pesawat Singapore Airlines maupun maskapai lainnya, disarankan mengakses laman Traveloka untuk penawaran tiket terbaik.


1. Visa


Cari tahu apakah Anda akan membutuhkan visa di negara yang bakal Anda tuju. Ada beberapa negara yang memperbolehkan Anda tinggal selama beberapa saat tanpa harus mengurus visa, dan ada beberapa negara yang mewajibkan warga asing mengurus visa terlebih dahulu. Jika Anda memang membutuhkan visa, maka Anda perlu memberikan pengajuan pada konsulat yang ada di ibu kota.


2. Kunjungi dinas kesehatan


Kunjungi dinas kesehatan atau rumah sakit terdekat untuk mengetahui apakah Anda membutuhkan vaksinasi tertentu sebelum pergi ke negara yang ingin Anda tuju. Jika Anda memang membutuhkan vaksinasi, hubungi dokter pribadi Anda empat hingga enam pekan sebelum perjalanan untuk menjalani prosedur vaksinasi.

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi bandara tujuan, konsulat, atau pihak lain yang berkaitan untuk mencari informasi mengenai dibutuhkan atau tidaknya visa perjalanan.


3. Simpan bukti perjalanan


Simpan bukti perjalanan Anda, seperti keterangan pemesanan tiket pesawat dan informasi mengenai akomodasi di negara yang akan Anda tuju.


Di era modern seperti ini, sudah terdapat banyak aplikasi smartphone yang memiliki fungsi tersebut. Anda bisa menyimpan semua informasi perjalanan Anda dengan aman. Dokumen ini mungkin nantinya akan berguna untuk menentukan lokasi, atau memberikan informasi yang dibutuhkan jika memang diminta oleh petugas keamanan setempat.


Singapore merupakan salah satu tempat tujuan wisata yang diminati saat ini. Singapore Airlines adalah maskapai negara tetangga tersebut.


4. Dokumen penting


Kumpulkan semua dokumen penting dan bawalah semuanya ketika Anda terbang. Dokumen penting ini harus Anda bawa setiap saat, bersama dengan paspor yang Anda miliki. Beberapa di antaranya adalah kartu tanda pengenal, SIM, informasi penerbangan, dan visa jika memang dibutuhkan di tempat tujuan nanti.


5. Sortir


Sortir semua barang bawaan yang dilarang ketika Anda melakukan packing. Jangan membawa benda tajam atau cairan di dalam tas. Hubungi bandara yang akan Anda tuju jika Anda tidak yakin dengan benda-benda apa saja yang tidak boleh dibawa. Jangan masukkan dokumen Anda di tas yang nantinya masih harus masuk ke bagasi pesawat.

Pewarta:

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015