Pangkalpinang (Antara Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kota Pangkalpinang, mengimbau nelayan mewaspadai gelombang di Selat Karimata dan perairan Pulau Belitung karena diprakirakan tingginya mencapai 3,5 meter, berlaku mulai Minggu (30/8) pukul 07.00 WIB.

"Kami mengimbau kepada nelayan yang hendak melaut serta kapal angkutan umum agar meningkatkan kewaspadaan karena tinggi gelombang di wilayah tersebut dapat membahayakan keselamatan," kata staf Koordinator Unit Analisis pada Kantor BMKG Pangkalpinang, Akhmad Fadholi di Pangkalpinang, Sabtu.

Selanjutnya, kata dia, kecepatan angin di perairan Selat Karimata berkisar 17 - 45 kilometer per jam, sementara ketinggian gelombang yang terjadi di perairan Selat Gelasa, Perairan Utara Bangka dan Selatan Bangka berpeluang mencapai 3 meter.

Masing-masing kecepatan angin di perairan itu berkisar 15 - 40 kilometer per jam. Sedangkan di perairan Selat Bangka tinggi gelombang 2 meter dengan kecepatan angin 11 - 33 kilometer per jam.

Ia mengatakan, pasang air laut maksimum di perairan Membalong, Kabupaten Belitung yaitu 2,20 meter, di Kelapa Kampit, Kabupaten Belitung Timur berkisar 1,59 meter, di Toboali, Kabupaten Bangka Selatan berkisar 1,79 meter, di Sungailiat, Kabupaten Bangka, berkisar 2,31 meter.

Kemudian di Tanjungpandan, Kabupaten Belitung berkisar 1,39 meter, di Muntok, Kabupaten Bangka Barat berkisar 1,61 meter dan di Belinyu, Kabupaten Bangka berkisar 1,54 meter.

"Untuk daratan di Babel belum ada yang berpotensi hujan, hanya berawan dan kami kami imbau nelayan tetap waspada terhadap angin kencang yang melanda perairan di daerah itu," ujarnya.

Pewarta: Mulki

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015