Muntok (Antara Babel) - Panitia kegiatan pariwisata tingkat Asia Tenggara bertajuk "Home Stay Fair 2015" simulasi pemanduan kepada calon pemandu wisata agar mampu memberikan pelayanan terbaik kepada para tamu yang berkunjung ke semua objek wisata di Muntok, Kabupaten Bangka Belitung.

"Kami berharap para pemandu wisata bisa memberikan informasi terkait seluruh objek wisata yang akan dikunjungi dengan mempertimbangkan ketersediaan waktu kunjung," ujar seorang panitia kegiatan International Home Stay Fair 2015 Bambang Haryo Suseno di Muntok, Senin.

Ia mengatakan simulasi pemanduan wisata penting diberikan untuk mengetahui dengan detail informasi apa saja yang bisa diberikan para pemandu wisata sesuai dengan ketersediaan waktu.

"Para pemandu harus mampu memberikan informasi penting objek wisata yang sudah disiapkan," kata dia.

Ketua divisi tujuan wisata tersebut, mengatakan penyampaian informasi objek wisata langsung oleh pemandu wisata dibutuhkan agar para pengunjung mendapatkan informasi akurat objek yang dikunjungi.

Selain itu, kata dia, di lokasi wisata juga minim informasi, baik di objek maupun para penunggu objek wisata.

"Kami berharap adanya simulasi pemanduan ini bisa ikut menyukseskan pelaksanaan 'city tour' yang sudah disiapkan dan para tamu puas dan nyaman selama berada di Muntok," katanya.

Kegiatan pariwisata "International Home Stay Fair dan Oldtown Workshop" akan dilaksanakan di Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, pada 10 hingga 12 September 2015.

Kegiatan itu, diikuti sekitar 200 orang yang perwakilan dari seluruh negara di Asia Tenggara dan seluruh provinsi di Indonesia.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015