Koba (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung, menetapkan Kurau sebagai desa wisata bahari karena merupakan gerbang masuk menuju objek wisata Pulau Ketawai.

"Kurau memang cocok dijadikan desa wisata bahari karena memang berada di pinggir pantai dan gerbang masuk utama menuju Pulau Ketawai," kata Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Bangka Tengah, Zaidi di Koba, Kamis.

Ia menjelaskan, pengembangan desa wisata yang dilakukan, yaitu membenahi infrastruktur dan menciptakan warga yang sadar wisata serta selalu ramah terhadap tamu.

"Penataan kawasan kumuh di Desa Kurau juga bagian mendukung program kepariwisataan karena akan terkesan baik dan nyaman bagi wisatawan yang berkunjung ke daerah ini," ujarnya.

Ia menjelaskan, konsep desa wisata tidak hanya memiliki kawasan wisata potensial tetapi juga karakter masyarakat yang mendukung terhadap kemajuan pembangunan dunia pariwisata.

"Perilaku dan sikap masyarakat yang ramah terhadap tamu, bagian terpenting untuk menunjang dunia kepariwisataan,"ujarnya.

Pemerintah daerah terus melakukan pembinaan terhadap desa wisata tersebut, bahkan ada  dana PNPM pariwisata untuk pengembangan kawasan wisata.

Bantuan tersebut kata dia bersumber dari APBN sebagai bentuk dukungan pemerintah terhadap sektor pariwisata potensial.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015