Hampshire (Antara Babel) - Southampton tengah bersukacita karena mampu memecahkan rekor yang sudah terpendam sejak 1988 dengan mampu mengalahkan Manchester United (MU) di Old Trafford pada Januari lalu. Capaian ini mengakhiri delapan laga tanpa menang Soton melawan United sepanjang perjalanan Premier League.

Southampton akan menantang Manchester United pada pekan keenam Premier League musim 2015/16 yang akan digelar di St Mary's Stadium, Southampton, Hampshire pada Minggu waktu setempat, atau Minggu malam, pukul 22.00 WIB. Laga itu akan ditayangkan secara langsung oleh SCTV.

United belum menorehkan clean sheet dalam tujuh pertemuan di ajang laga. Empat laga terakhir di ajang laga mempertemukan dua manajer asal Belanda, yakni Ronald Koeman di kubu Southampton dan Louis Van Gaal di kubu MU. Laga tandang terakhir berakhir dengan kemenangan pada musim lalu di tahun 20[06/07 ketika Van Gaal membesut AZ Alkmaar dan Koeman melatih PSV Eindhoven.

Skuat Southampton yang berjuluk The Saints mengemas dua kemenangan dari 11 laga terakhir di ajang laga domestik. Pasukan asuhan Koeman gagal melesakkan bola ke gawang dalam empat dari enam laga di Premier League. Hanya saja mereka mampu menorehkan tiga clean sheets terhitung sejak November 2014.

Pantas juga menyorot penampilan David de Gea di bawah mistar MU. Ia belum mampu menorehkan clean sheet di ajang Premier League dalam delapan penampilan ketika ia turun bermain penuh selama 90 menit.

Laga ini juga merupakan laga reuni bagi mantan pemain Southampton Morgan Schneiderlin yang kini membela MU. Ia kemudian melontarkan bocoran mengenai rumus yang harus dilakukan klub barunya itu, yakni memperkokoh lini pertahanan. Selain itu, pasukan asuhan pelatih Van Gaal belakangan banyak menuai kritik seputar belum tajamnya lini serang United.

Schneiderlin absen ketika MU menang lawan Liverpool pekan lalu dan pemain berpaspor Prancis itu juga tidak turun ketika timnya kalah dari PSV di ajang Liga Champions.

Ia juga melontarkan pujian kepada Van Gaal dan Ronald Koeman sebagai sosok pelatih yang paham benar dengan penerapan taktik penguasaan bola. Hanya saja ia menunjuk bahwa pelatih United yang sekarang menerapkan disiplin yang ekstra ketat.

"Dalam soal penerapan disiplin kepada pemain, Koeman lebih rileks, berbalikan dengan Van Gaal yang lebih ketat, dan ia piawai dalam penguasaan dan penerapan taktik."

Komentar dua pelatih:

* Ronald Koeman (Southampton):
"Saya berharap komentar dia (Schneiderlin) bernilai positif. Ia telah banyak berbuat bagi klub, ia telah melewati masa gemilang di Southampton, dan ia siap mengambil langkah selanjutnya."

"Kami satu sama lain menjalin hubungan yang sangat baik setelah melakoni musim yang kelewat sulit. Reaksinya sungguh luar biasa. Ia banyak ambil bagian di musim lalu bersama kami. Ia pemain terbaik kami. Ia kini membela Manchester United dan saya berharap ia menuai sukses di sana, juga ketika melakoni laga pada Minggu nanti."

* Louis Van Gaal (Manchester United):
"Saya telah berbicara dengan dia (Luke Shaw) tadi malam. Ia sangat kuat dan itu mengagetkan saya, kejutan besar, pertanda yang baik agar dia cepat pulih. Ia tahu perlu waktu lama untuk cepat pulih seperti sedia kala, dan hal itu tidak mudah juga."

"Absennya dia (Shaw) merupakan kehilangan besar bagi kami, juga bagi tim. Saya telah rampung berbicara mengenai kelanjutan Luke Shaw di musim ini. Ia tampil demikian baik, kami menjalin lini pertahanan sisi kiri yang kokoh, dengan memasang Memphis Depay dan Shaw. Meski kami harus melakukan perombakan kecil, sebuah tugas yang tidak mudah juga."

Prediksi susunan pemain:

* Southampton (4-2-3-1):
Stekelenburg (penjaga gawang), Targett, Van Dijk, Fonte, Soares, Wanyama, Davis, Tadic, Ward-Prowse, Mane, Pelle
Pemain cadangan:
Gazzaniga, Yoshida, Martina, Romeu, Caulker, Long, Rodriguez
Absen: Gardos, Bertrand, Forster, Clasie, Ramirez (cedera)

* Manchester United (4-2-3-1):
De Gea (penjaga gawang), Darmian, Smalling, Rojo, Blind, Schneiderlin, Juan Mata, Herrera, Young, Martial
Pemain cadangan:
Romero, McNair, Carrick, Valencia, Fellaini, Depay, Wilson
Absen: Pereira, Shaw, Jones, Rooney (cedera)

Data dan fakta: (Opta Facts)

* Southampton tampil perkasa ketika bertanding di kandang, mengemas lima kemenangan dan hanya sekali kalah dalam tujuh laga di ajang Premier League yang digelar di St Mary's Stadium.
* Manchester United belum satu pun mencetak clean sheet dalam tujuh laga di ajang liga ketika melawan The Saints.
* Koeman menggantikan Van Gaal sebagai manajer AZ pada 2009 setelah itu ia pindah ke Bayern Muenchen.
* Manchester United mengoleksi tujuh kali menang dari 21 laga tandang di Premier League semasa kepelatihan Louis Van Gaal (tujuh kali menang, delapan kali imbang, enam kali kalah).
* Hanya ada satu kartu merah sepanjang 32 kali duel antara The Saints dan Manchester United.     
* Manchester United meraih enam kali menang dari tujuh laga tandang melawan Southampton di seluruh kompetisi.
* Southampton mampu menorehkan sebiji clean sheet dalam tiga laga di Premier League.
* Manchester United mencetak sekurangnya dua gol dalam enam dari tujuh laga tandang terakhir melawan Southampton di semua kompetisi.
* Southampton mencetak sekurangnya dua gol dalan lima dari enam laga kandang terakhir di ajang Premier League.     
     
Lima laga terakhir:
(W:menang; L:kalah; D:imbang)

* Southampton: D W L D D

12-09-15 West Bromwich Albion 0 - 0 Southampton
30-08-15 Southampton 3 - 0 Norwich City
27-08-15 Midtjylland 1 - 0 Southampton
23-08-15 Watford 0 - 0 Southampton
20-08-15 Southampton 1 - 1 Midtjylland

* Manchester United: L W L W D

15-09-15 PSV Eindhoven 2 - 1 Manchester United
12-09-15 Manchester United 3 - 1 Liverpool
30-08-15 Swansea City 2 - 1 Manchester United
26-08-15 Club Brugge 0 - 4 Manchester United
22-08-15 Manchester United 0 - 0 Newcastle United

Head To Head:

11-01-15 Manchester United 0 - 1 Southampton
08-12-14 Southampton 1 - 2 Manchester United
11-05-14 Southampton 1 - 1 Manchester United
19-10-13 Manchester United 1 - 1 Southampton
30-01-13 Manchester United 2 - 1 Southampton

Prediksi hasil laga (Goal.com):

* Southampton 0 - 2 Manchester United (18 persen)
* Southampton 1 - 2 Manchester United (14 persen)
* Southampton 1 - 3 Manchester United (10 persen)
 
Prediksi jalannya laga:

* Manchester United akan bangkit setelah menelan kekalahan 1-2 dari PSV dalam laga Liga Champions. Ini kesempatan bagi seluruh skuat asuhan Van Gaal untuk menebus kekalahan itu dengan meraih tiga poin penuh melawan Southampton.

* Skuat asuhan Ronald Koeman masih belum lengkap benar memasuki pekan keenam Premier League ini. The Saints perlu lebih tampil konsisten, apalagi melawan tim sekelas Manchester United yang mengoleksi sederet pemain bintang.

* Laga ini merupakan tantangan bagi Daley Blind untuk menjaga lini bek kiri, karena MU punya kelemahan di sektor ini, terlebih ketika melawan Southampton yang mengandalkan penguasaan bola.

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:
* Southampton: 2
* Manchester United: 1

Pewarta: AA Ariwibowo

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015