Pangkalpinang (Antara Babel) - Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan membangun waduk di Desa Rias, Kabupaten Bangka Selatan, untuk meningkatkan produksi padi petani di daerah itu.

"Mudah-mudahan tahun depan pembangunan waduk untuk pengairan lahan pertanian petani di Desa Rias selesai," kata Kepala DPU Kepulauan Bangka Belitung Hasanuddin di Pangkalpinang, Rabu.

Ia menjelaskan dana pembangunan waduk ini berasal dari APBN 2015, guna mengatasi kekeringan lahan pertanian selama musim kemarau, sekaligus meningkatkan hasil pertanian dan kesejahteraan petani di daerah itu.

"Mudah-mudahan dengan adanya waduk ini petani tidak lagi kesulitan air untuk tanaman padi, palawija dan sayur mayur lainnya selama musim kemarau," katanya tanpa menyebutkan anggaran pembangunan waduk tersebut.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga akan memperbaiki saluran irigasi di Desa Rias yang mengalami kerusakan parah, karena kesadaran petani untuk merawat saluran irigasi yang masih kurang.

"Bulan lalu kita sudah berkoordinasi terkait persoalan saluran irigasi ke pemerintah pusat dan dalam waktu dekat pemerintah akan segera membangun waduk agar persoalan pengairan di Desa Rias segera teratasi," katanya.  
    
Menurut dia pembangunan waduk ini dapat meningkatkan produksi padi, karena petani bisa melakukan penanaman padi pada musim kemarau atau tiga kali penanaman dalam setahun.

"Selama ini petani hanya melakukan penanaman padi satu kali dalam setahun, karena ketersedian air untuk pertanian yang terbatas selama musim kemarau panjang," ujarnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015