Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), mengusulkan pengelolaan kawasan Menara Suar Tanjungkalian guna meningkatkan pembangunan sektor pariwisata di ujung barat Pulau Bangka.

"Kami sudah beberapa kali melakukan pembahasan usulan ini bersama Kantor Distrik Navigasi Kelas I Palembang guna membahas perizinan pengelolaan lahan di sekitar Menara Suar Tanjungkalian, Mentok," kata Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming di Mentok, Minggu.

Pertemuan bersama Kantor Distrik Navigasi Kelas I Palembang tersebut merupakan salah satu bentuk keseriusan Pemkab Bangka Barat agar bisa mendapatkan izin pengelolaan kawasan tersebut yang rencananya akan dijadikan kawasan pendukung wisata.

Beberapa hari lalu, sejumlah pejabat Pemkab Bangka Barat yang dipimpin Wakil Bupati Bong Ming Ming juga telah melakukan komunikasi dan koordinasi dengan pelaksana tugas Kepala Distrik Navigasi Kelas I Palembang dan Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Palembang untuk membahas rencana tersebut.

Menurutnya, perizinan pengelolaan kawasan Menara Suar Tanjungkalian tidak mudah karena ada tahapan-tahapan yang perlu dipenuhi terkait dengan aturan yang diterapkan dari pemerintah pusat bahwa kawasan tersebut merupakan kawasan vital navigasi laut.

Meskipun menemui beberapa kendala, namun Bong Ming Ming tetap optimistis bisa merealisasikan rencana itu dan saat ini Pemkab bangka Barat sedang membentuk tim untuk membuat proposal yang disampaikan ke pemerintah pusat.

"Kami ingin kawasan itu bisa dikelola dan dimanfaatkan daerah guna membantu pembangunan sektor pariwisata," ujarnya.

Menurut dia, Kantor Navigasi Palembang mendukung usulan tersebut karena rencana yang diusulkan Pemkab Bangka Barat dinilai banyak manfaat untuk membantu masyarakat dan daerah dalam pembangunan pariwisata ke depan.

"Kita punya mimpi besar untuk memajukan pariwisata di Bangka Barat, karena melalui pembangunan pariwisata berkelanjutan akan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat menjadi lebih baik," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022