Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Senaidi menyatakan seluruh jamaah calon haji sudah siap masuk ke asrama haji di Kota Pangkalpinang pada Selasa (28/6).

"Saya pastikan semua atau 115 jamaah calon haji asal Kabupaten Bangka sudah siap masuk ke asrama haji di Kota Pangkalpinang setelah semua syarat dinyatakan lengkap," katanya di Sungailiat Senin.

Dia mengatakan jamaah calon haji hanya menginap satu malam dan tanggal 29 Juni 2022 langsung diberangkatkan ke embarkasi Palembang Sumatera Selatan untuk selanjutnya di terbangkan ke Tanah Suci Mekkah melalui bandara di Jeddah.

"Selama di asrama sejak masuk semua jamaah calon haji di larang membawa makanan atau minuman dari luar karena segala kebutuhan dalam asrama disediakan panitia," kata dia.

Menurutnya, pakaian ihram di pakai oleh seluruh jamaah haji sejak hendak keluar atau berangkat dari asrama haji sama menuju Mekkah, alasan untuk menghemat waktu.

"Pakaian ihram sudah di pakai sejak di Tanah Air atau di asrama saat hendak berangkat ke Mekkah melalui bandara Internasional di Jeddah, selama memakai pakaian ihram jamaah calon haji harus dapat menjaga supaya tidak terkena benda najis," ujarnya.

Senaidi mengingatkan seluruh jamaah calon haji selama di Mekkah harus cukup minum air mineral guna menghindari dehidrasi mengingat suhu udara di Tanah Suci mencapai 47 derajat celcius.

"Suhu udara yang lumayan panas bagi warga Indonesia, minum air mineral yang cukup sebagai salah satu cara menghindari dehidrasi, hanya saja jangan minum air mineral yang dingin," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022