Sebanyak 100 ekor sapi di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menjalani vaksinasi penyakit mulut kuku (PMK) tahap pertama.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Belitung, Destika Efenly di Tanjung Pandan, Jumat mengatakan vaksinasi tersebut dilakukan guna mengantisipasi penyebaran PMK pada hewan ternak di daerah itu.

"Vaksinasi tahap pertama PMK dilakukan terhadap sebanyak 100 ekor sapi di Kecamatan Membalong," katanya.

Ia mengatakan, DKPP Belitung menerima bantuan sebanyak 100 dosis vaksin PMK dari Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Menurut dia, vaksinasi PMK tahap pertama tersebut menyasar 100 ekor sapi di Dusun Rejomulyo dan Rejosari Kecamatan Membalong yang merupakan zona hijau penyebaran wabah PMK.

"Sapi-sapi yang berada di zona hijau PMK diprioritaskan untuk menerima vaksin PMK salah satunya adalah sapi di kecamatan Membalong," ujarnya.

Destika menambahkan, vaksinasi PMK tersebut diharapkan melindungi hewan ternak di daerah itu terserang wabah PMK terutama menjelang Idul Adha 1443 Hijiriah.

Dirinya menargetkan sebanyak 1.000 ekor sapi budidaya di daerah itu menerima vaksin guna mengantisipasi penularan wabah PMK.

"Pelaksanaan vaksinasi akan dilakukan pada tahap kedua atau selanjutnya," kata dia.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022