Pangkalpinang (Antara Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pangkalpinang memprakirakan kondisi cuaca di daratan Provinsi Bangka Belitung (Babel) masih berpotensi diguyur hujan seperti beberapa hari sebelumnya.

"Berdasarkan pantauan cuaca, enam daerah di Babel diprakirakan berpotensi hujan dengan intensitas ringan dan satu daerah lainnya berpeluang hujan sedang," ujar Staf Koordinator Unit Analisa pada Kantor BMKG Pangkalpinang Nur Setiawan di Pangkalpinang, Minggu.

Ia mengatakan enam daerah yang berpeluang hujan ringan yakni Kabupaten Bangka, Bangka Tengah, Bangka Selatan, Belitung dan Belitung Timur serta Kota Pangkalpinang.

"Sedangkan hujan dengan intensitas sedang diprediksi akan turun di Kabupaten Bangka Barat," katanya.

Menurut dia, intensitas curah hujan tersebut akan disertai angin dengan kecepatan mencapai 20 kilometer per jam dari timur menuju selatan.

"Kecepatan angin ini relatif rendah dari beberapa hari sebelumnya yang tercatat hingga lebih dari 23 kilometer per jam," katanya.

Sedangkan ketinggian gelombang laut di jalur penyeberangan Babel diprakirakan mencapai 1,5 hingga dua meter.

"Ketinggian gelombang ini diperkirakan akan terjadi pada jalur penyeberangan Babel, yakni Selat Bangka, Selat Karimata, utara Bangka, dan Selat Gelasa," ujarnya.

Ia menambahkan, ketinggian gelombang ini disertai kecepatan angin yang mencapai 30 kilometer per jam dari timur laut menuju selatan.

"Gelombang pada jalur penyeberangan Babel lainnya, yakni di selatan Bangka diperkirakan mencapai ketinggian satu hingga 1,3 meter dengan kecepatan angin mencapai 25 kilometer per jam," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015