Pangkalpinang (Antara Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pangkalpinang memprakirakan kondisi cuaca di daratan Provinsi Bangka Belitung (Babel) masih berpotensi diguyur hujan seperti beberapa hari sebelumnya.

"Berdasarkan pantauan cuaca, sebagian besar daratan di Babel masih berpeluang hujan ringan hingga sedang, namun ada dua daerah dengan kondisi cuaca hanya berawan saja," ujar Staf Koordinator Unit Analisa pada Kantor BMKG Pangkalpinang Evi Diana Prihatiningsih di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan, peluang hujan ringan diprakirakan akan turun di Kabupaten Bangka dan Bangka Barat, sedangkan hujan dengan intensitas sedang diprediksi terjadi di Kabupaten Bangka Tengah, Belitung dan Kota Pangkalpinang.

Sementara dua daerah lainnya, yakni Kabupaten Bangka Selatan dan Belitung Timur kondisi cuaca hanya diprakirakan cerah dan berawan belum berpotensi turunnya hujan.

"Daerah yang berpotensi hujan tersebut akan disertai angin berkecepatan enam hingga 20 kilometer per jam bergerak dari timur menuju selatan dengan suhu udara mencapai 33 derajat celcius," katanya.

Sedangkan ketinggian gelombang laut di jalur penyeberangan Babel diprakirakan mencapai 1,5 hingga dua meter.

"Ketinggian gelombang ini diperkirakan akan terjadi pada jalur penyeberangan Babel, yakni Selat Bangka dan utara Bangka," ujarnya.

Ia menambahkan, ketinggian gelombang ini disertai kecepatan angin yang mencapai 30 kilometer per jam dari timur laut menuju selatan.

"Gelombang pada jalur penyeberangan Babel lainnya, yakni di selatan Bangka, Selat Gelasa dan Selat Karimata diperkirakan mencapai ketinggian 0,8 hingga 1,3 meter dengan kecepatan angin mencapai 28 kilometer per jam," katanya.

Pewarta: Mulki

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015