Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sukses menggelar festival band Bangka Setara tingkat pelajar dan umum terhitung selama tiga hari di pusatkan di gedung Juang setempat.

"Kesuksesan festival band Bangka Setara yang digelar dari tanggal 16 sampai 18 September 2022 dengan mengangkat tema Milenial Space, menjadi momentum membangkitkan kembali semangat generasi muda mengembangkan bakat seni musik," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Rismy Wira Maddona di Sungailiat, Senin.

Menurutnya, belasan grup band Bangka Setara yang terlibat dari tingkat pelajar dan umum berasal dari sejumlah kota di Pulau Bangka membuktikan bahwa grup band masih diminati masyarakat meskipun harus bersaing dengan musik modern di era digitalisasi.

"Pertunjukan festival band Bangka Setara sengaja dikemas dengan bazar ekonomi kreatif setidaknya mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat yang nampak antusias menyaksikan pertunjukan itu," kata dia.

Bahkan kata dia, lebih dari 25 pelaku UMKM yang berpartisipasi dengan berbagai jenis produk olahan berhasil membukukan nilai transaksi mencapai total puluhan juta," kata dia.

Panggelaran festival band Bangka Setara dalam rangka HUT Mulya ke - IV, juga diisi dengan muatan edukasi pendidikan puisi tingkat sekolah dasar dan menengah pertama, masing - masing juara puisi tingkat SD yakni Argia Naya Anjani, Muhammad Ammar, dan Aqila Mazea Khalisha serta tingkat SMP Siti Grevira Elviona, Indria Ulufi, dan Resty Pratiwi.

Panitia menetapkan pemenang festival band kategori milenial yakni D'Bengkel, Katok Ijo dan Syncope serta kategori umum band Gerombolan Lama, Auroma dan Shawl of Heaven.

Rismy memberikan apresiasi ke semua pihak yang telah mendukung kegiatan festival band Bangka Setara 2022 dan bazar UMKM, terlebih anggaran kegiatan sepenuhnya di dukung oleh swasta atau sponsor.

Sementara Bupati Bangka Mulkan juga memberikan apresiasi besar kepada panitia penyelenggara dalam hal ini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan yang berhasil menggelar kegiatan dalam rangka mengembangkan sektor kepariwisataan daerah.

Mulkan menilai, festival band digabungkan dengan bazar UMKM merupakan strategi kolaborasi yang dianggap cukup tepat untuk membangkitkan perekonomian masyarakat.

"Festival band Bangka Setara dapat dijadikan kegiatan persiapan untuk menghadapi festival band Rudianto Tjen pada 28 Oktober 2022 bertepatan memperingati hari Sumpah Pemuda," kata dia.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022