Pangkalpinang (Antara Babel) - Deputi Manager Hukum dan Humas PT PLN wilayah Bangka Belitung, Agus Yuswata Pratama Putra mengatakan PLTU Unit 1 Air Anyir sudah beroperasi kembali untuk memasok listrik di Wilayah Bangka sejak Kamis (26/11) malam.

"PLTU unit satu ini sudah mulai beroperasi kembali pada Kamis (26/11) sekitar pukul 22.00 WIB. Pada tahap awal, PLTU ini memasok 15 Megawatt (MW) pada sistem kelistrikan wilayah Bangka," kata Agus di Pangkalpinang, Jumat.

Ia mengatakan, PLTU ini dioperasikan setelah dilakukan pengecekan sebelumnya. Pengecekan dilakukan untuk memastikan kondisinya benar-benar layak untuk dioperasikan.

"Dengan beroperasinya kembali PLTU ini akan menambah daya mampu kelistrikan di Bangka menjadi sekitar 120 MW. Secara bertahap, diharapkan kapasitas PLTU ini nantinya dapat memasok sebesar 25 MW," ujarnya.

Sedangkan untuk PLTU Unit 2 saat ini sedang dilakukan inventarisasi kebutuhan alat pengganti pada panel kelistrikan yang mengalami gangguan.

"Kami berterima kasih atas partisipasi masyarakat dalam menghemat listrik dan juga mengapresiasi pelanggan besar kami yang telah rela menggunakan captive powernya ketika ada pemeliharaan PLTU pada hari Selasa dan Rabu kemaren sehingga jumlah dan lokasi padam menjadi lebih minimal," katanya.

Selain itu, pihaknya juga mengharapkan agar masyarakat tetap menghemat pemakaian listriknya. Apabila seluruh pelanggan mematikan dua lampu setara 50 Watt akan berdampak mengurangi beban sebesar 10 MW. 
   
"Pada minggu ini beban puncak mulai pukul 17.00-22.00 WIB mencapai sekitar 120 MW, apabila seluruh masyarakat mematikan dua lampu yang tidak perlu maka pasokan listrik akan mencukupi," ujarnya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015