Pangkalpinang (Antara Babel) - Sebanyak 122 orang petugas siaga disiapkan PT PLN Wilayah Bangka Belitung untuk mengamankan pasokan listrik di tempat-tempat penting terkait pilkada serentak pada 9 Desember 2015.

"Pelaksanaan siaga pasokan listrik pilkada ini dimulai 8 Desember yakni siaga kotak suara dan logistik di masing-masing PPS hingga proses penyampaian penghitungan suara ke KPU Provinsi pada 18 Desember mendatang," kata Deputy Menager Hukum dan Humas PT PLN Wilayah Bangka Belitung, Agus Yuswanta, Senin.

Ia mengatakan, dalam siaga pilkada ini PLN Wilayah Bangka Belitung meniadakan pemadaman sementara aliran listrik untuk kepentingan pembangunan jaringan, rehabilitasi dan atau pemeliharaan jaringan di lima titik utama pilkada.

"Pemeliharaan jaringan untuk lokasi-lokasi penting dalam pilkada ini sudah kami laksanakan jauh hari sebelumnya. Untuk mengantisipasi terjadinya pemadaman baik yang terjadi akibat faktor cuaca dan peralatan yang dapat mengganggu berjalannya rangkaian proses pilkada ini kami menyiapkan SOP bagaimana melakukan manuver (pengalihan beban) ketika terjadi gangguan dari salah satu sumber listrik," ujarnya.

Untuk mendukung SOP tersebut masing-masing titik penting minimal akan dijaga oleh dua orang petugas pengamanan pasokan listrik seperti di KPUD Provinsi Jalan Mentok Pangkalpinang. Selanjutnya di Kabupaten Bangka Tengah yakni di Kantor KPUD Bangka Tengah serta sekertariat PPK di Koba, Lubuk Besar, Pangkalan Baru, Simpang Katis, Sungai Selan dan Namang.

Sedangkan untuk Kabupaten Bangka Selatan yakni di Kantor KPUD Bangka Selatan dan sekertariat PPK di Tukak Sadai, Lepar Pongok, Air gegas, Pulau Besar, payung, Sudirman Toboali, Kepulauan Pongok dan Simpang Rimba.

"Untuk Kabupaten Bangka Barat di Kantor KPUD Bangka Barat dan sekertariat PPK di Muntok, Teritip, Kelapa, Tempilang, jebus, Parit Tiga. Sedangkan di Kabupaten Belitung Timur yakni di Kantor KPUD Belitung Timur dan Sekertariat PPK di Dendang, Damar, Kampit, Gantung, Renggiang, Simpang Pesak, Manggar," katanya.

Sementara itu, sumber pasokan listrik utama pada saat pilkada akan dipasok dari jaringan PLN yang didukung dengan genset untuk masing-masing titik tersebut.

Selain itu, pihaknya juga sudah menginventarisasi semua titik lokasi penting untuk kesiapan pasokannya dan ketersedian genset.

"Dari hasil inventarisasi dan koordinasi dengan KPUD, PLN telah menyiapkan genset pendukung yang terdiri atas genset 125 kVA di KPUD Provinsi, genset 14 kVA dan genset 5000VA di KPUD Bangka Selatan, tiga unit 5000VA genset di PPK Lepar Pongok, Pulau Besar dan Simpang Rimba dan genset 2,4 kW di Kantor KPUD Bangka Barat," ujarnya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015