Koba (Antara Babel) - Sebanyak 357 aparat gabungan dikerahkan untuk mengamankan Tempat Pemungutan Suara (TPS) pemilihan kepala daerah Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Belitung, 9 Desember 2015.

"Kami mengerahkan aparat gabungan, mereka mengawal TPS saat pencoblosan hingga penentuan hasil akhir di KPU," kata Kabag Ops Polres Bangka Tengah, Kompol Sigit Elyanto di Koba, Selasa.

Ia menjelaskan, sebanyak 357 aparat gabungan itu terdiri dari Brimob Dalmas, Polres Pangkalpinang dibantu 70 aparat TNI dan 150 Satpol PP.

"Pengawalan di TPS dilakukan sesuai standar operasional prosedur dan kami hanya menjaga kelancaran saat pencoblosan, jaga situasi keamanan saat hari pencoblosan," ujarnya.

Ia mengatakan, aparat keamanan hanya melakukan pengawalan dan tidak dibenarkan masuk ke lokasi tempat pemungutan suara.

"Polisi tidak dibenarkan masuk ke lokasi TPS, kecuali dalam kondisi situasi dararut misalnya terjadi kekacauan di lokasi TPS," ujarnya.

Ia menjelaskan, gelar pasukan sudah digelar untuk memastikan aparat keamanan benar-benar siap melaksanakan tugas di lapangan.

"Pada prinsipnya kami sudah siap mengamankan Pilkada dan kami minta kepada anggota bersikap lebih bijak saat melakukan pengamanan," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015