Ketua Museum Timah Indonesia (MTI) di Muntok Kabupaten Bangka Barat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Fakhrizal Abubakar menyatakan kunjungan wisatawan selama September 2022 di MTI mencapai 1.123 orang atau meningkat dibandingkan bulan sebelumnya hanya 840 orang.

"Alhamdulillah, pascapandemi COVID-19 ini kunjungan wisatawan di MTI terus meningkat," kata Fakhrizal Abubakar di Muntok, Jumat.

Ia mengatakan Museum Timah Indonesia Muntok yang dikelola PT Timah Tbk ini telah menjadi destinasi wisata sejarah yang menyajikan berbagai macam tentang sejarah pertambangan timah di Indonesia dan Bangka Belitung mulai dari alat penambangan, proses penambangan hingga teknologi yang digunakan.

"Kunjungan wisatawan sepanjang September tahun ini di MTI Muntok didominasi pelajar dan mahasiswa dari Jakarta, Bandung, Bengkulu, Palembang, Aceh, Surabaya dan wisatawan mancanegara," ujarnya.

Menurut dia para pengunjung yang datang ke MTI untuk berbagai kepentingan seperti study tour, penelitian serta berwisata.

"Kunjungan Museum sekarang telah normal kembali, karena pelonggaran Covid -19 yang diberlakukan Pemerintah," katanya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bangka Barat Muhamad Ali mengakui kehadiran Museum Timah Indonesia (MTI) mendukung wisatawan berkunjung ke Bangka Barat.

"MTI Muntok sangat mendukung pariwisata dan kebudayaan Bangka Barat, apalagi posisi museum letaknya strategis di pusat Kota Muntok," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022