Pangkalpinang (Antara Babel) - Diskomifo Kepulauan Bangka Belitung, mengapresiasi kelompok informasi masyarakat (KIM) Kabupaten Bangka Selatan mendapatkan pengakuan dari dunia internasional dalam mengakses dan memanfaatkan teknologi informasi dalam meningkatkan kesejahteraannya.

"KIM Merah Putih Bangka Selatan ini sudah dua kali diundang mengikuti pertemuan pengembangan teknologi informasi di Malaysia dan Singapura," kata Kepala Diskominfo Kepulauan Babel, Noviar di Pangkalpinang, Selasa.

Ia bersyukur KIM Merah Putih mampu memanfaatkan teknologi informasi dengan baik dan keberhasilan mereka juga mendukung program pemerintah daerah dalam menyebarkan berbagai informasi peluang potensi investasi sektor kelauatan, perikanan, pariwisata dan potensi sumber daya alam lainnya di daerah ini.

"Dalam waktu dekat ini KIM Merah Putih ini juga akan diundang pada pertemuan pengembangan teknologi informasi skala internasional di Surabaya Jawa Timur," ujarnya.

Menurut dia keberhasilan KIM Bangka Selatan mengikuti berbagai pertemuan skala internasional ini, tidak terlepas dari pembinaan dari pemerintah provinsi dalam memberdayakan sumber daya manusia kelompok masyarakat dalam mengakses informasi.

"Kita terus mendorong KIM di kabupaten/kota lainnya agar mampu menggunakan teknologi dalam mengakses informasi, memasarkan hasil dan pengolahan perikanan, pertanian dan perkebunan," ujarnya.

Ia mengatakan saat ini KIM sektor perikanan tangkap dan pertanian ini baru terbentuk di Bangka Selatan, Bangka Tengah dan Belitung Timur, sementara Bangka Barat, Bangka, Belitung dan Kota Pangkalpinang belum memiliki KIM.

"Kita terus mendorong pemerintah kabupaten/kota untuk segera membentuk KIM, agar masyarakat mampu mendayagunakan informasi, sehingga perkembangan teknologi informasi ini dapat memberikan nilai tambah dan peningkatan ekonomi masyarakat," ujarnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015