Walikota Pangkalpinang, Maulan Aklil (Molen) menghadiri rapat Paripurna ke empat, masa persidangan 1 tahun 2022, dalam rangka penetapan APBD 2023 di ruang rapat DPRD Kota Pangkalpinang, Senin (31/10).

Rapat paripurna kali ini dengan agenda, Laporan Badan Anggaran, Pendapat akhir fraksi terhadap Nota Keuangan dan Raperda tentang APBD Tahun 2023, Keputusan DPRD terhadap Nota Keuangan dan Raperda tentang APBD Tahun Anggaran 2023.

"Pada hari yang istimewa ini, kita dapat menghadiri Rapat Paripurna keempat Masa Persidangan Kesatu DPRD Kota Pangkalpinang dalam rangka persetujuan terhadap Nota Keuangan dan Raperda tentang APBD Tahun Anggaran 2023," katanya.

"Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Kota Pangkalpinang, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pimpinan DPRD dan seluruh anggota DPRD baik yang tergabung dalam Badan Musyawarah, Komisi-Komisi dan Badan Anggaran," katanya menambahkan. 

Ia mengucapkan terimakasih kepada seluruh anggota DPRD yang telah memberikan saran, tanggapan dan koreksi terhadap rancangan APBD Kota Pangkalpinang tahun 2023, sehingga menghasilkan komitmen bersama berupa persetujuan untuk penetapan APBD tahun Anggaran 2023. 

Dikatakannya, berdasarkan informasi dari Direktorat Jendral Perimbangan Keuangan Alokasi DAU tahun Anggaran 2023 sudah ditentukan peruntukannya sehingga ada keterbatasan dalam pengalokasian belanja.

"Berkenaan dengan hal ini kita harus berupaya maksimal untuk mencapai target pendapatan asli daerah, terutama pajak daerah dan retribusi daerah sebagai sumber pendanaan pembangunan daerah," katanya.

"Dengan keterbatasan anggaran yang ada, saya berharap anggaran dapat dipergunakan secara maksimal, efektif, dan efisien untuk merespon belanja program prioritas yang dibutuhkan masyarakat dan unsur pelaksana penyelenggara pemerintahan agar dapat terwujudnya visi misi RPJMD," katanya menambahkan.

Ia mengatakan, Raperda APBD Tahun Anggaran 2023 ini akan disampaikan kepada Gubernur Kepulauan Bangka Belitung untuk dievaluasi. Atas hasil evaluasi ini akan dilakukan penyempurnaan dan menjadi dasar Perda Kota Pangkalpinang tentang anggaran pendapatan dan belanja daerah kota Pangkalpinang tahun 2023.

Dimana yang menjadi dasar Peraturan wali kota Pangkalpinang tentang penjabaran anggaran pendapatan dan belanja daerah kota Pangkalpinang tahun anggaran 2023.

Selanjutnya Molen juga menyampaikan, dimana hari ini sudah ketuk palu untuk anggaran 2023 sudah clear, sehingga sudah siap melaksanakan, masukan dan saran dari   rekan-rekan fraksi, kemudian yang akan menjadi evaluasi kita untuk pelaksanaan berikutnya.

Pewarta: Try M Hardi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022