Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melanjutkan layanan vaksinasi COVID-19 kepada masyarakat setelah terhenti karena tidak tersedia vaksin COVID-19.

Plt Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Belitung, Sri Agustini di Tanjung Pandan, Jumat, mengatakan layanan vaksinasi COVID-19 dapat kembali dilaksanakan seiring tersedianya vaksin tersebut.

"Dengan diterimanya kembali tambahan stok vaksin COVID-19 ini maka layanan vaksinasi bagi masyarakat dapat kembali kami laksanakan," katanya.

Menurut dia, Dinas Kesehatan Belitung kembali melaksanakan vaksinasi COVID-19 mulai 2 November 2022.

Sebelumnya layanan vaksinasi COVID-19 di daerah itu sempat dihentikan sementara waktu karena stok vaksin habis.

"Alhamdulillah layanan vaksinasi COVID-19 dapat kami lanjutkan kembali," ujarnya.

Ia menjelaskan bagi masyarakat yang belum mengikuti program vaksinasi COVID-19 dapat mendatangi fasilitas pelayanan kesehatan dan gerai vaksin yang tersedia.

"Terutama bagi masyarakat yang sudah sampai waktunya untuk menerima vaksin dosis ketiga atau penguat maka kami imbau untuk segera melakukan vaksinasi tersebut," katanya.

Ia menyebutkan realisasi vaksinasi COVID-19 di Belitung saat ini dosis pertama sebanyak 146.925 orang (91,01 persen), dosis kedua 133.127 (82,46 persen) dan dosis ketiga 52.050 (40,87 persen).

"Kami terus berupaya untuk meningkatkan capaian vaksinasi COVID-19 guna membentuk kekebalan kelompok masyarakat terhadap penularan COVID-19," ujarnya.

Vaksin COVID-19 penting diberikan kepada masyarakat usia wajib vaksin untuk meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tidak mudah tertular virus corona dari orang lain. Begitu pula masyarakat harus tetap menaati penerapan protokol kesehatan.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022