Pemerintah Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui lembaga terkait menggelar event pariwisata berbasis olahraga sport tourism Sungailiat Duathlon 2022 pada 12 November 2022 mendatang.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Rismy Wira Madonna di Sungailiat Rabu, mengatakan event pariwisata sport tourism menjadi kalender pariwisata tahunan untuk mempromosikan kepariwisataan Kabupaten Bangka ketaraf global.

Sungailiat Duathlon 2022 atau perlombaan lari dan bersepeda yang bertajuk Sungailiat Duathlon "Special Indonesian Heroes Day" menjadi cukup menarik  karena di padukan dengan festival seni dan budaya khas Bangka dengan tajuk "Exotic Bangka Festival Cultural" yang digelar dua hari sebelumnya.

"Sungailiat Duathlon 2022 dibagi dalam empat kategori lomba masing - masing Tim estafet lari cepat pria atau wanita ditentukan dua orang dalam satu regu, Sprint individual khusus untuk peserta dari TNI, Polri, ASN dan BUMN," jelas dia.

Kemudian kategori "Sprint Individual Open" atau perorangan terbuka dan peserta perorangan lokal Bangka Belitung non atlet.

Peserta Sungailiat Duathlon 2022 mendapat tantangan dari awal start berlari sejauh lima kilometer kemudian bersepeda dengan jarak 20 kilometer dan berlari kembali menuju garis finis sejauh 2,5 kilometer.

Sungailiat Duathlon 2022 disuguhkan dengan tampilan berbeda karena kawasan lintasan lomba tidak difokuskan di destinasi wisata pantai melainkan peserta akan melewati kawasan perkantoran, dalam kota Sungailiat dan pemukiman penduduk.

Tercatat, peserta lomba Duathlon 2022 di semua kategori sudah mencapai 150 lebih orang berasal dari dalam provinsi dan sejumlah peserta dari daerah lain di Indonesia seperti Palembang, Lampung dan Pontianak.

Untuk menjamin Sungailiat Duathlon 2022 berjalan aman, nyaman, lancar dan tertib kata Rismy Wira Madonna, pihaknya sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak seperti TNI, Polri, Dinas Perhubungan bahkan pemberian asuransi peserta bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan.

"Pertimbangan keselamatan peserta lomba benar-benar diperhitungkan selain menyiapkan tenaga medis, kami juga memberikan perlindungan asuransi peserta karena diketahui peserta akan melintasi jalan raya bahkan melewati 50 persimpangan jalan," jelas dia.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022