Wakil Bupati Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Syahbudin menyatakan Hari Pahlawan 10 November menjadi momentum penting bagi generasi muda menjaga kerukunan.

"Sebagai generasi penerus bangsa, generasi muda Indonesia mempunyai peran penting mengisi perjuangan pahlawan dengan tetap semangat menjaga kerukunan," kata Wabup usai upacara hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan Padma Satria Sungailiat, Kamis.

Menurutnya, semangat perjuangan para pahlawan membebaskan Tanah Air dari penjajah saat itu, harus terus digelorakan dengan semangat membangun negeri dengan pondasi persatuan dan kesatuan.

"Pengorbanan harta bahkan nyawa pahlawan melawan penjajah merupakan suatu pembelaan yang sangat besar yang harus diteladani oleh seluruh masyarakat Indonesia," kata dia.

Dapat dilihat kata Wabup, masih sebagian kecil pahlawan yang gugur dan dimakamkan di makam Pahlawan Padma Satria Sungailiat, sementara luar sana masih banyak pahlawan bangsa bahkan pahlawan yang tidak dikenali namanya.

Perkembangan teknologi informasi saat ini, hendaknya dapat digunakan sebagai sarana bagi generasi bangsa menjalin kerukunan antaranak bangsa dan menghindari perpecahan.

"Di pundak generasi muda terwarisi semangat perjuangan pahlawan dengan memberikan kontribusi untuk negeri sesuai kemampuan, keterampilan sehingga memberikan manfaat bagi kepentingan masyarakat," ujarnya.

Hari Pahlawan 10 November 2022 yang mengusung tema "Pahlawanku, Teladanku" merupakan momentum penting untuk membangkitkan kembali semangat sekaligus mengimplementasikan nilai-nilai kepahlawanan dalam membangun Indonesia.

"Rakyat Indonesia harus sepakat untuk mendoakan semoga amal perjuangan pahlawan Indonesia di terima Allah SWT dan dosa-dosanya diampuni," jelas Wabup.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022