Beredar sebuah unggahan video TikTok berdurasi dua menit 45 detik menampilkan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo, mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Video yang muncul pada 8 Desember 2022 itu menyertakan tulisan "Prabowo menjadi wakil presiden Anies baswedan" serta "Rezim Jokowi kejang kejang".

Unggahan tersebut telah diputar hingga 1,3 juta kali hingga Senin (12/12).

Berikut keterangan yang ditambahkan pemilik akun pada unggahan tersebut:

“subhanallah.. rencana Allah memang Hebat. makar para pengkhianat bangsa Allah hancurkan"

Namun, benarkah Prabowo akan menjadi calon wakil presiden bersama Anies Baswedan?

Penjelasan:
Pernyataan bahwa Prabowo akan menjadi calon wakil presiden bersama Anies Baswedan adalah salah.

ANTARA menemukan unggahan video di TikTo itu merupakan kompilasi video yang dapat ditemukan di YouTube seperti pertemuan Prabowo dengan Surya Paloh sebagaimana tampak pada unggahan KompasTV dengan judul ‘Pertemuan Prabowo-Surya Paloh Hasilkan 3 Kesepakatan’.

Video lain yang menampilkan Prabowo dan Anies Baswedan terdapat pada unggahan CNN ‘Anies Baswedan - Sandi Berpelukan Erat Usai Deklarasi Kemenangan Oleh Prabowo’, dan KompasTV dengan judul ‘Prabowo Subianto Bertemu Surya Paloh. Prabowo: "Kita Punya Visi yang Sama"’.

Sementara pernyataan Prabowo yang digunakan sebagai narasi latar dalam unggahan tersebut merupakan pernyataannya tentang hasil kesepakatan pertemuan Gerindra dengan Nasdem. Pernyataan itu termuat pula pada berita ANTARA.

Terkait wacana Prabowo jadi calon presiden bersama Anies Baswedan, Wakil Ketua Umum Partai Perindo Boyke Novrizon menilai tidak tepat dan tidak etis soal wacana yang meminta Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menjadi calon wakil presiden mendampingi Anies Baswedan pada Pemilu Presiden 2024, dilansir dari ANTARA.

ANTARA juga tidak menemukan pernyataan resmi, hingga awal Desember 2022 tentang pencalonan Prabowo sebagai wakil presiden yang akan mendampingi Anies Baswedan ke Pilpres 2024.

Dengan demikian, pernyataan bahwa Prabowo akan menjadi calon wakil presiden Anies Baswedan merupakan pernyataan tidak berdasar atau hoaks.

Klaim: Prabowo jadi wakil presiden Anies Baswedan
Rating: Hoaks

Pewarta: Tim JACX

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022