Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama instansi terkait lain melakukan persiapan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya lonjakan pelaku perjalanan pada masa libur akhir tahun.

"Ini merupakan bagian dari upaya kita untuk memastikan keamanan, kelancaran dan kenyamanan masyarakat, terutama bagi pelaku perjalanan yang datang maupun menyeberang melalui Pelabuhan Tanjungkalian pada momentum libur Natal dan Tahun Baru 2023," kata Bupati Bangka Barat Sukirman di Mentok, Minggu.

Sebagai bentuk persiapan, kata dia, Pemkab Bangka Barat bersama DPRD Bangka Barat, PT ASDP Pelabuhan Tanjungkalian, Polres Bangka Barat, Kodim 0431/BB, BPBD, Dinas PUPR, Kementerian Kelautan dan Perikanan Cabang Mentok, Satpol PP, dan Dinas Perkimhub Kabupaten Bangka Barat telah menggelar rapat koordinasi lintas sektoral untuk menyusun langkah-langkah yang akan diambil dalam upaya pengamanan.

"Tidak lama lagi libur Natal dan Tahun Baru 2023 tiba, dipastikan akan ada peningkatan kunjungan, baik orang yang akan liburan maupun mudik," ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Bangka Barat menyiapkan segala sesuatu terkait sarana dan prasarana pendukung bagi para pengunjung dan pelaku perjalanan agar nyaman, aman dan lancar.

"Saya minta tim dari Dinas PUPR, Dinas Kesehatan, Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian, serta dinas terkait menyiapkan segala sarana dan prasarana untuk menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat," katanya.

Untuk PT ASDP Pelabuhan Tanjungkalian dinilai sudah cukup matang dalam persiapan yang dilakukan di dalam kawasan pelabuhan, bahkan untuk saat ini sudah diberlakukan tiket penyeberangan dengan pola pembayaran elektronik sehingga para penumpang akan lebih mudah dan aman.

Selain itu, PT ASDP Pelabuhan Tanjungkalian juga telah menyiapkan sejumlah kapal feri yang akan melayani penyeberangan penumpang orang dan kendaraan sesuai kebutuhan.

Dengan berbagai persiapan yang sudah dilakukan diharapkan pemerintah dapat memberikan pelayanan terbaik agar dapat bekerja sebaik mungkin, sesuai dengan standar yang berlaku.

Ketua DPRD Bangka Barat Marudur Saragih mengatakan PT ASDP sudah melakukan persiapan untuk mengantisipasi kemacetan atau penumpukan kendaraan seperti yang terjadi pada tahun sebelum dan telah melakukan evaluasi untuk menjaga supaya kejadian tersebut dapat diantisipasi.

"Kita berharap melalui rapat koordinasi ini, berbagai aturan yang telah disepakati dapat diimplementasikan, dengan harapan semua pihak dapat bekerja sama, dan berkolaborasi, sehingga program dan kegiatan dalam menyambut natal dan tahun baru dapat berjalan lancar," kata Marudur.

Kapolres Bangka Barat AKBP Catur Prasetyo mengatakan berbagai persiapan harus dilakukan dengan baik dengan memperhitungkan berbagai kemungkinan yang akan terjadi dalam menghadapi lonjakan arus mudik.

"Kita harus mempersiapkan kemungkinan adanya lonjakan penumpang, penumpukan kendaraan, persiapan ketersediaan cadangan BBM, rencana rekayasa lalu lintas apabila terjadi penumpukan kendaraan perlu kita siapkan langkah antisipasi mulai sekarang," katanya.

Dengan berbagai persiapan yang dilakukan secara matang diharapkan momentum tahunan itu bisa terlaksana dengan lancar, aman dan yang paling penting masyarakat bisa selamat sampai tujuan.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022