Kapolres Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memberikan sejumlah saran mudik yang aman dan sehat kepada masyarakat yang melakukan perjalanan dalam negeri pada masa libur Natal dan Tahun Baru 2023.

"Dengan melakukan beberapa hal penting ini kami harapkan masyarakat yang ingin melakukan perjalanan ke luar daerah bisa tenang, sehat dan bahagia hingga kembali lagi ke daerah ini," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Catur Prasetiyo di Mentok, Senin.

Ia menjelaskan, pertama yaitu sebelum mudik pastikan rumah yang ditinggal dalam keadaan terkunci pintu dan jendela, dan akan lebih aman jika saluran gas elpiji dilepas.

Saran berikutnya, berikan informasi rencana perjalanan ke luar daerah kepada tetangga atau kerabat yang tidak mudik. Sebelum melakukan perjalan luar daerah bisa memberikan informasi kepada petugas bhabinkamtibmas agar dilakukan pendataan.

"Apabila menggunakan kendaraan pribadi harus dilakukan pemeriksaan kendaraan yang akan digunakan demi keselamatan dalam perjalanan," katanya.

Bagi warga yang menggunakan kendaraan umum, pastikan hanya membawa barang yang diperlukan, hindari membawa barang berlebih dan barang berharga.

"Terakhir pastikan sudah disuntik vaksin sesuai ketentuan dari pemerintah terkait pelaku perjalanan dalam negeri, vaksinasi ini penting untuk kekebalan terhadap COVID-19," katanya.

Ia menyarankan kepada pelaku perjalanan apabila mengalami gangguan di jalan langsung menghubungi pos pengamanan atau pos pelayanan kepolisian di pelabuhan dan lokasi-lokasi strategis lainnya.

Ia mengimbau kepada pelaku perjalanan untuk tidak terlalu memaksakan diri melanjutkan perjalanan jika sudah capai dan mengantuk, manfaatkan pos Kepolisian untuk istirahat guna menghindari terjadinya kecelakaan.

"Mari wujudkan mudik aman, sehat dan bahagia," kata Kapolres Bangka Barat.


Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022