PT Telkom Witel Kepulauan Bangka Belitung memperluas jaringan fiber optik guna memenuhi kebutuhan internet sesuai dengan permintaan konsumen di wilayah ini yang setiap hari semakin bertambah.

"Perluasan jaringan fiber optik ini untuk meningkatkan penetrasi pasar, kami bersama tim anak perusahaan Telkom, yaitu Telkomsel telah memetakan beberapa wilayah di Babel yang masuk dalam daftar lokasi rencana perluasan jaringan fiber optik tersebut," kata General Manager PT Telkom Witel Babel Indratmoko Susanto di Pangkalpinang, Jumat.

Ia menjelaskan, saat ini Telkom sedang membangun jaringan baru Indonesia Digital Home (IndiHome) di lima lokasi, sebagai upaya memperluas jaringan dan memenuhi permintaan konsumen yang begitu tinggi untuk penggunaan layanan IndiHome di Bangka Belitung.

"Pembangunan jaringan Indihome baru di beberapa lokasi sedang dilakukan, antara lain di daerah Lubuk Besar, Sungailiat, Muntok, Koba, Toboali, dan Manggar. Dalam waktu dekat kami juga akan membangun jaringan baru lagi di beberapa lokasi sesuai permintaan konsumen yang ada di Bangka Belitung," katanya.

Manager Network Service Assurance Telkomsel Dennis mengatakan saat ini terdapat 46 kecamatan di Bangka Belitung yang membutuhkan cakupan ketersediaan jaringan Internet.

Kecamatan-kecamatan tersebut tersebar di beberapa wilayah, baik di Pulau Bangka maupun Pulau Belitung, seperti Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, Bangka Tengah, Bangka Selatan, Belitung dan Belitung Timur.

Ia menambahkan sebagian besar dari lokasi-lokasi tersebut adalah lokasi yang masuk dalam daftar area yang masih belum terjangkau internet.

"Rencananya pembangunan ini akan laksanakan pada 2023 mengingat saat ini sudah memasuki akhir bulan Desember 2022," katanya.

Ia berharap dengan ketersediaan infrastruktur-infrastruktur baru ini nantinya mampu meningkatkan penetrasi pasar di wilayah-wilayah yang belum terjangkau jaringan internet yang ada di Bangka Belitung.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022