Sebanyak 8.083 warga lanjut usia di Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, sudah disuntik vaksin COVID-19 dosis pertama atau sebesar 73,90 persen dari total 10.936 warga sasaran.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Tengah, dr Anas Maarif di Koba, Minggu, mengatakan, persentase vaksin warga lanjut usia sudah mencapai angka di atas target yang ditetapkan sebesar 60 persen.

"Kita sudah mendorong percepatan vaksinasi untuk kalangan lanjut usia dengan pola jemput bola dalam upaya antisipasi," kata Anas.

Pemkab Bangka Tengah bekerja sama dengan Polres Bangka Tengah memobilisasi para lanjut usia untuk datang ke gerai vaksin.

"Pemerintah menyiapkan kendaraan operasional untuk menjemput warga lanjut usia ke rumah," ujarnya.

"Kita sudah mencapai angka rata-rata nasional dan terus digencarkan tahun ini," tambahnya.

Pemerintah daerah melakukan percepatan program vaksinasi untuk membentuk kekebalan komunal.

Anas juga mengimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai wabah penyakit hepatitis akut dengan terus meningkatkan pola hidup sehat.

Hingga sekarang sudah tercatat sebanyak 1.298 SDMK yang sudah divaksin dosis pertama, kalangan lanjut usia tercatat 8.076, pelayan publik, 11.556, masyarakat umum 89.708, remaja 17.731 dan kalangan anak tercatat sebanyak 19.118 orang.

Pihaknya terus melaksanakan percepatan program vaksinasi, terutama kalangan anak usia 6 hingga 11 tahun dan warga lanjut usia (lansia).

Total warga yang terkonfirmasi positif virus COVID-19 sejak 2019 hingga sekarang tercatat sebannyak 8.138.

Dari angka 8.138 itu, sebanyak 201 orang meninggal dunia dan sisanya dinyatakan sembuh.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023