Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bangka Belitung (Babel) mencatat jumlah kunjungan tamu di hotel berbintang pada November 2022 sebesar 41.741 orang atau mengalami penurunan 3,58 persen dibandingkan bulan sebelumnya mencapai 43.261 orang.

"Jumlah tamu domestik dan tamu asing masing-masing mengalami penurunan 3,39 persen dan 27,33 persen," kata Kepala BPS Provinsi Kepulauan Babel Toto Haryanto Silitonga di Pangkalpinang, Selasa,

Ia mengatakan jumlah tamu domestik lebih mendominasi datang ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dibandingkan tamu asing. Dari total 41.714 tamu, 99,42 persen adalah tamu domestik.

"Peningkatan jumlah tamu menginap terjadi pada Kabupaten Belitung dan Bangka Tengah, sedangkan Bangka mengalami penurunan signifikan mencapai 25,77 persen," ujar Haryanto SIlitonga.

Ia menyatakan hotel bintang di Belitung memiliki jumlah tamu menginap terbanyak dibandingkan dengan daerah lainnya yakni sebanyak 16.921 orang disusul Kota Pangkalpinang 12.518 orang, Bangka Tengah 8.491 orang, dan Bangka 3.784 orang.

"Pulau Belitung masih menjadi destinasi kunjungan menginap paling favorit di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung," katanya.

Menurut dia, Pulau Belitung masih menjadi favorit wisatawan untuk berwisata, karena didukung dengan infrastruktur akomodasi penginapan yang melimpah dan terselenggaranya berbagai acara level nasional dan internasional.

"Pada November 2022 Belitung merupakan tuan rumah Belitung Trail Running (BTR) 2022 dan Konferensi ISPO (Indonesia Sustainable Palm Oil), sehingga tamu menginap di hotel berbintang di Negeri Laskar Pelangi semakin meningkat," katanya. 

Pewarta: Chandrika Purnama Dewi/Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023