Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Pemali Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan pengawasan ujian tertulis calon Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk pemilu 2024 mendatang.

Ketua Panwascam Pemali Dedi Damhuri dalam keterangan resmi, Selasa mengatakan, pengawasan bagi puluhan peserta calon petugas badan adhoc untuk memastikan ujian itu berjalan aman dan lancar.

Seleksi anggota badan adhoc pemilu 2024 tingkat desa atau kelurahan di Kecamatan pemali diikuti 41 orang dan akan dijaring sebanyak 18 orang untuk ditempatkan di enam desa atau tiga orang untuk masing - masing desa.

Dedi Damhuri mengatakan keterlibatan pihaknya mengawasi ujian peserta calon anggota PPS di wilayah itu sesuai instruksi sebelumnya dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangka.

"Dari calon anggota PPS yang terdaftar, diketahui empat orang peserta tidak hadir yang berasal dari Desa Karya Makmur, Air Duren dan Desa Penyamun," kata dia.

Ia mengatakan hasil pengawasan pelaksanaan tes, peserta ujian yang sebagian besar diikuti dari kaum muda atau berusia muda berjalan dengan lancar.

Dia berpendapat tingginya minat kaum muda menjadi calon anggota PPS membuktikan demokrasi Indonesia ke depan lebih cerah.

Hadir dalam pengawasan ujian tersebut yakni Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Parmas dan Hubungan Antar Lembaga (HP2H) Hairul, Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Mary Ferry Taci, Ketua PPK Pemali Nurdin Bayu beserta anggota.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023